Selasa 6 Oktober 2020 – Renungan Malam

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 5 October 2020        


MINGGU XVIII SES. PENTAKOSTA

KJ.356 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 19 : 33 – 40

Selesaikan Dengan Jalur Yang Semestinya

Pemaksaan kehendak dengan cara dan aturan sendiri tidak dibenarkan. Jika ada keinginan atau mau menolak hal yang tidak sesuai dengan kehendak, maka sampaikanlah menurut aturan dan jalur yang telah ditetapkan. Kekacauan dan keributan terjadi ketika penyampaian kehendak tidak sesuai aturan yang ditetapkan. Lalu masing-masing pihak bertindak dengan caranya sendiri. Akibatnya, terjadi benturan yang mengakibatkan kekacauan besar.

Renungan malam ini masih berkaitan dengan “unjuk rasa” yang dilakukan oleh hasutan Demetrius kepada tukang-tukangnya. Demetrius menganggap Paulus dan teman-temannya melakukan penghinaan terhadap kuil Artemis. Kekacauan makin bertambah ketika Alexander hendak menenangkan mereka. la ditolak, karena dia adalah orang Yahudi. Panitera kota menenangkan kekacauan yang terjadi dengan mengimbau, agar mereka memakai jalur resmi dalam menyatakan keinginan atau ketidakpuasan. Ada sidang rakyat yang sah untuk menyelesaikan tuduhan Demetrius dan tukang-tukangnya (ay.38-40) terhadap Paulus dan rekan-rekannya.

Setiap kebijakan yang diputuskan, pasti ada pihak-pihak yang merasa tidak puas. Menolak dan menentang kebijakan menjadi alasan untuk melakukan “protes”. Ada yang menyampaikan dengan surat keberatan, berdemonstrasi atau unjuk rasa, bahkan dengan menjelek-jelekkan dan menghina orang-orang yang terlibat dalam pengambilan kebijakan tersebut.

Mari renungkan, bahwa ada cara lebih baik yaitu sesuai dengan jalur yang ditetapkan. Ada sistem dan aturan dalam menyampaikan pandangan serta kehendak kita. Jangan memakai cara yang merugikan dan mempermalukan diri sendiri. Tuhan mengajarkan agar kita hidup teratur. Tindakan keteraturan yang dilakukan Tuhan tampak dalam menciptakan bumi dan segala isinya. Ada keteraturan baik urutan yang akan Tuhan ciptakan maupun waktu penciptaannya. Segala sesuatu tidak diciptakan secara sekaligus (bukan dalam waktu bersamaan). Mari bertindak sesuai peraturan.

KJ. 356 : 2
Doa : (Ya Kristus Yesus, tolonglah agar segala sesuatu kami nyatakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *