SELASA, 7 MEI 2019 – Renungan Pagi

85 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 May 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB.86 : 1 – Berdoa

MAKAN KENYANG, TIDUR TENTRAM

Imamat 26:3-8
Lamanya musim mengirik bagimu akan sampai kepada musim memetik buah anggur dan lamanya musim memetik buah anggur akan sampai kepada musim menabur. (ay.5)

Kesetiaan kepada Allah mendatangkan jaminan hidup yang diberkati. Allah tidak bermain-main dengan janji-Nya. Masa depan bangsa Israel sepenuhnya sejahtera dan tidak ada yang perlu dicemaskan. Pengajaran untuk hidup dalam kekudusan menjadi penting karena godaan dan tantangan yang dapat melunturkan percaya mereka kepada Allah Bapa Mahakuasa.

Persoalan dalam hidup manusia ialah ketersediaan materi bagi masa depan keluarga. Misalnya, pekerjaan dengan gaji memuaskan, makanan yang sehat dan berkualitas serta tempat tinggal yang nyaman dan aman. Beragam cara dilakukan manusia guna mendapatkan impian dan harapan tentang kehidupan yang berkualitas. Bangsa Israel dapat mengalami kehidupan yang sempurna jika mereka memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Mereka tidak menyembah berhala, memelihara hidup ibadah yang benar, selalu bersyukur kepada Allah di tempat kudus-Nya serta berperilaku sesuai kebenaran firman-Nya. Tuhan tidak memerintahkan kepada bangsa Israel melakukan hal-hal yang sukar dikerjakan. Semua itu dapat dilakukan selama mereka mengasihi Tuhan dan mengerjakan kehendak-Nya.

Sekarang ini, keinginan manusia tak terkendali sehingga untuk mendapatkannya waktu ibadah ditinggalkan. Manusia bekerja dan bekerja untuk mendapat keinginannya. Sebagai umat Tuhan, hendaknya kita dapat menahan diri dari sikap tamak yang mengakibatkan waktu ibadah lenyap dan persekutuan dengan Tuhan menjadi langka. Apa artinya, jika harta berlimpah namun anak-anak kita jatuh dalam dunia narkoba dan tenggelam dalam keputusasaan? Apa artinya, rumah besar dengan tingkat keamanan maksimal, tetapi gelisah dan tidak bisa tidur sebab banyak beban berat yang dipikirkan? Sudah seharusnya kita menjalani kehidupan yang normal; kehidupan yang berpadanan dengan kehendak Allah. Prioritaskan Tuhan, maka kita dapat menikmati kehidupan yang diberkatl.

GB.86 : 2
Doa : (Kami bersyukur di dalam kasih Yesus yang telah menyediakan berkat dengan limpah sehingga kami dapat makan secukupnya dan beristirahat dengan tenteram)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *