Senin 03 Agustus 2020 – Renungan Malam

15 Kali dibaca, Diterbitkan: 4 August 2020        


MINGGU IX SES. PENTAKOSTA


  KJ. 396 : 1 – Berdoa

Hidup Dalam Kebenaran

3 Yohanes 1 : 3 – 4

Kebenaran menjadi tema yang penting dalam Injil Yohanes dan juga surat-surat Yohanes. Contohnya : ‘Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran’ (Yoh. 4:24). Kebenaran secara sederhana menunjuk pada pengertian ‘keberadaan dibenarkan oleh karya Allah di dalam pengorbanan Yesus Kristus’ (band. Roma 3:23-24). Kebenaran juga diarahkan kepada Yesus Kristus dan InjiI-Nya sebagai sumber kebenaran yang sejati. Hal ini mengingatkan tentang bagaimana kita hidup sebagai orang yang telah dibenarkan. Hidup demikian adalah tetap teguh beriman kepada Kristus, berpegang pada ajaran-Nya dan melakukannya sebagai wujud kasih.

Yohanes sangat bersukacita mengetahui kabar tentang Gayus dari pekabar Injil yang pernah singgah di rumahnya. Di tengah tekanan ajaran sesat (Gnostik), Gayus sebagai anak rohani Yohanes tetap teguh hidup dalam kebenaran. Membangun hidupnya dengan berlandaskan iman kepada Yesus Kristus serta memaknai kehidupannya dengan berpegang pada ajaran Kristus dan melaksanakan ajaran tersebut melalui perbuatan-perbuatan nyata yang dilakukan dengan penuh kasih. Apa yang dilakukan Gayus ini menjadi suatu peringatan bagi setiap orang yang cenderung lebih banyak ‘berkata-kata’ namun tidak diikuti dengan perbuatan nyata.

Tidak sedikit orang mengaku Kristen namun tidak hidup dalam kebenaran. Bukan sekadar pengakuan yang dikehendaki Kristus tetapi hidup yang didasari pada iman dan perbuatan nyata dalam kasih dan kebenaran. Karena itu di tengah pergumulan dunia ini, gereja (pribadi dan keluarga) terpanggil untuk tetap hidup dalam kebenaran. Kesetiaan dan keteguhan hidup dalam kebenaran, menjadi kehendak Allah bagi kita.


  KJ. 396 : 3
Doa : (Tuhan bimbinglah kami untuk selalu hidup dalam kebenaran)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *