SENIN, 1 APRIL 2019 – Renungan Pagi

29 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 April 2019        


 

MINGGU III PRAPASKAH

KJ.405 : 1,2 – Berdoa

BERIBADAH DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH

1 Samuel 7:2-15
Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: “Sampai di sini TUHAN menolong kita.” (ay.12)

Hal paling menyenmqkan adalah jika permohonan kita dikabulkan. Namun kita saring mengabaikan dan bahkan melupakan prosesnya. Samuel memimpin orang Israel untuk menghadapi Filistin yang datang menyerang mereka di Mizpa. Orang Israel sedang berada dalam kondisi mental yang jatuh. Peristiwa direbutnya Tabut Allah oleh orang Filistin (pasal 4) telah membuat orang Israel menjadi begitu ketakutan setiap mendengar dan berhadapan dengan orang Filistin!. Samuel menegaskan kepada orang Israel bahwa yang utama yang harus dilakukan adalah beribadah dengan benar dan sungguh-sungguh kepada Allah (ay 3).

Dan ibadah yang sungguh-sungguh harus diikuti dengan perbuatan yang sungguh-sungguh juga! Ibadah yang sungguh-sungguh menjadi dasar untuk semakin meyakini kuasa dan kasih TUHAN. Pertolongan TUHAN nyata. Ketika Samuel mengarahkan orang Israel untuk tetap yakin dan bersandar pada kuasa TUHAN, maka orang Israel berhasil memukul mundur orang Filistin sampai hilir Bet-Kar (ay.11), Dan untuk mengingatkan peristiwa itu dan pengalaman iman Israel.” … Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana, ia menamai-nya Eben-Heezer, katanya : “Sampai disini TUHAN menolong kita.” (ay.12).

Ibadah kepada Tuhan bukanlah sekadar sebuah upacara agama! Ibadah kepada Tuhan adalah keistimewaan, karena TUHAN Allah yang Mahakudus. Mahatinggi, Mahakuasa berkenan untuk dijumpai oleh ciptaanNya. Lebih istimewa lagi, TUHAN berkenan untuk hadir dalam hidup setiap orang yang percaya kepada-Nya dan berkarya dalam kehidupan mereka. Beribadah dengan sungguh-sungguh dan hiduplah sesuai dengan ibadahmu kepada TUHAN.

KJ 405:3
(Ya TUHAN, berkatilah ibadah kami kepada-Mu, sehingga berkenan dan menjadi berkat bagi hidup kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *