Senin, 1 Januari 2018 – Renungan Malam

137 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 January 2018        


 

TAHUN BARU
SENIN, 1 JANUARI 2018

Renungan Malam

WAKTU ADALAH ANUGERAH ALLAH

Kejadian 1:14-19
“Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa…” (ay.14)

Karya Allah di hari keempat adalah Allah menciptakan benda-benda penerang. Benda-benda itu ditempatkan Allah di atas langit. Ciptaan ini dijadikan agar manusia mengetahui kemahakuasaan Allah yang mengatur dan menandai berlalunya waktu, musim dan tahun. Keberadaan benda penerang itu sangat membantu manusia untuk bekerja. Bahkan perubahan waktu yang terjadi menjadi tanda bagi manusia tentang waktu bekerja dan beristirahat. Penulis Amsal pun mengingatkan bahwa tidak hanya manusia tetapi ciptaan Allah yang lain juga bekerja dan mengumpulkan makanannya berdasarkan waktu (Amsal 6:6). Melalui benda-benda itu Allah menghendaki semua ciptaan-Nya bekerja dan tidak malas. Artinya kehidupan ini harus diisi dengan sesuatu yang baik, benar, serta melayani Tuhan.

Pergantian waktu yaitu hari, bulan, tahun, siang dan malam mengajar kita untuk selalu mengucap syukur dan berterima kasih serta memuji Tuhan karena Ia membuat segala sesuatu baik untuk manusia dan seluruh ciptaan. Waktu terus bergerak, jam kehidupan terus berjalan dan hanya kuasa Allah saja yang dapat menghentikannya. Jadi jangan sia-siakan waktu pemberian Allah itu. Pakai dan isi waktu anugerah Allah dengan bekerja, berkarya dan melayani Tuhan bersama seisi alam semesta ini (Mazmur 150).

Paulus mengingatkan kita juga mengenai waktu agar kita memperhatikan cara hidup kita dan jangan bodoh tetapi berusaha mengerti kehendak Tuhan (Efesus 5:16-17). Pakailah waktumu untuk kemuliaan Tuhan dan mencukupkan keperluan hidup yang dibutuhkan.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *