SENIN, 1 JULI 2019 – Renungan Malam

50 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 July 2019        


MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.353 : 1 – Berdoa

KITA PUNYA PEKERJAAN RUMAH (PR)

Kisah Para Rasul 5:12-16
“…banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat.” (ay.12)

Sebagai orang-orang yang telah dipanggil keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib (1Pet.2:9), orang percaya mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam hidup beriman. Ada tiga tugas panggilan gereja yakni Koinonia (persekutuan), Diakonia (Pelayanan) dan Marturia (Kesaksian). Ketiganya berjalan seiring, tidak dapat dipisahkan satu dengan lainya. Inilah yang kita lihat dalam perikop bacaan malam ini.

Persekutuan yang dibangun oleh jemaat perdana telah menunjukkan indahnya keberagaman dalam kesatuan yang erat sebagai tubuh Kristus dengan hidup saling berbagi. Persaudaraan yang rukun mereka wujudkan dengan beribadah di rumah-rumah (selain di Serambi Salomo) tanpa memandang status keluarga yang menerimanya. Sementara itu mereka juga tidak hanya giat melakukan pelayanan kedalam, tetapi juga keluar. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya orang sakit yang rindu merasakan jamahan dan lawatan tangan Tuhan melalui persekutuan umat-Nya. Keindahan persekutuan anak-anak Tuhan akan senantiasa terpancar dan terlihat oleh siapapun dan menjadi daya pikat bagi mereka yang haus akan keteduhan kasih Allah. Persekutuan dan pelayanan yang didasari ketertundukan akan kuasa Roh Kudus menjadi suatu kesaksian yang mendatangkan rasa hormat dan kagum banyak orang (ay.13b). Menjadi daya pikat banyak orang yang pada akhirnya menggabungkan diri menjadi pengikut Tuhan Yesus (ay.14).

Jika kita mengamati kehadiran gereja masa kini, maka banyak gereja telah melupakan tiga tugas panggilannya ini. Banyak gereja hanya sibuk mengurus pelayanan kedalam, lupa bahwa ada banyak orang “sakit” yang memerlukan uluran kasih; ada yang hanya sibuk dengan mencari keuntungan bagi pribadi atau kelompoknya masing-masing, tidak sedikit yang justru menikmati pembiaran terhadap perpecahan, perselisihan, pengkotak-kotakan, bahkan “hobi” menciptakan konflik. Pertanyaan besar bagi kita sebagai gereja saat ini adalah sudahkah kita mengerjakan tiga tugas panggilan gereja dengan bimbingan kuasa Roh Kudus, sehingga kehadiran kita berdampak dan menjadi alat berkat bagi semua orang disekitar kita?

KJ.353:2
Doa : (Tuhan Yesus, mampukan aku untuk selalu hidup bersekutu, melayani dan bersaksi dengan kerendahan hati dibawah pimpinan Roh-Mu yang kudus, sehingga hidup kami menjadi berkat)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *