Senin 17 Agustus 2020 – Renungan Malam

25 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 August 2020        


MINGGU Xl SES. PENTAKOSTA


 ♪   GB.279 – Berdoa

Kisah Para Rasul 6 : 8 – 15

Hadapi Tantangan Nyatakan Kuasa-Nya

Mengamati daya upaya dan respons warga jemaat dan Majelis Jemaat dalam menghadapi pandemi covid 19 ini, membuat saya bersyukur kepada Tuhan karena kita semua mengalami dan menerima kemampuan memenuhi tugas dan tanggung jawab untuk tetap setia melayani.

Saat mengetik SBU ini, saya melihat dari jendela kamar hadir Tim Crisis Center GPIB melaksanakan tugas penyemprotan desinfektan di Pos Pelayanan Karunia Ciputat di Pamulang, dan ke masjid sekitar gereja. GPIB tetap melayani terlebih menghadapi pergumulan dan tantangan bersama di negeri ini. Perbedaan agama dan suku tidak menjadi hambatan untuk usaha-usaha kemanusiaan. Indahnya hidup saling tolong menolong dan menjaga.

Stefanus adalah satu dari 7 pria yang dipilih untuk melakukan tugas pelayanan meja. la tetap giat melayani sesuai dengan tugas pelayanannya sebagai diakonos. la dengan berani menyampaikan ajaran Yesus dalam sebuah perdebatan dengan orang Yahudi, yang kemudian membawanya ke Mahkamah Agama untuk diadili. Ini yang kemudian dikatakan oleh Lukas, “memikul salib setiap hari”.

ltu adalah realitas dari salib. Stefanus pasti tahu risikonya. la tetap setia karena percaya Roh Kudus selalu menyertainya. Sampai pada situasi keputusan hukuman mati, ia tetap pada sikapnya yakni memohonkan ampun atas kesalahan orang lain dan menyerahkan dirinya pada Allah. Dua tindakan ini adalah karya Roh Kudus yang menumbuhkan spirit cinta kasih atas pengorbanan Yesus Kristus.

Jiwa patriotisme seperti inilah yang patut diteladani oleh para pelayan. Dalam menghadapi pergumulan hingga menutup mata kita tetap percaya bahwa Roh Tuhan selalu menolong. Mari lakukan kebaikan demi keselamatan banyak orang sampai akhir, sebagaimana teladan utama kita, Yesus Kristus. la merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati bahkan mati di atas kayu salib.


 ♪   GB. 278 : 1, 2
Doa : (Ya Tuhan mohon kuasailah kami dengan Roh-Mu agar setia, mengasihi-Mu dan sesama sampai akhir)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *