Senin 17 Agustus 2020 – Renungan Pagi

11 Kali dibaca, Diterbitkan: 16 August 2020        


MINGGU XI SES. PENTAKOSTA

HUT KE 75 RI


 ♪  KJ.357 : 1, 2 – Berdoa

Kisah Para Rasul 6 : 1 – 7

Membangun Rumah Bersama

Ir. Soekarno pernah berpidato yang menggetarkan semangat kaum muda. Bunyi pidatonya: “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut gunung Semeru dari akarnya. Tetapi beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Saat itu Presiden Soekarno berusaha membangkitkan semangat nasionalisme para pemuda Indonesia, agar dapat meraih kemerdekaan.

Demikian juga yang diharapkan para Rasul saat itu. Mereka melihat banyak orang memerlukan pelayanan, sedangkan tenaga masih sangat terbatas. Namun demikian bagi mereka, jumlah orang bukanlah penentu keberhasilan sebuah pelayanan, tetapi ketulusan, kerendahan hati, serta rela berkorban. ltulah sebabnya, para Rasul meminta Jemaat saat itu untuk memilih tujuh orang yang penuh Roh dan hikmat, agar dapat mengerjakan pelayanan dengan semangat takut akan Tuhan.

Saudaraku, Tuhan Yesus juga memilih dan melibatkan kita untuk pekerjaan pelayanan-Nya. Di antara saudara-saudara seiman yang terpanggil, ternyata kita dianggap orang yang tepat untuk mengerjakan pelayanan-Nya. Sudahkah kita mengerjakan itu dengan sungguh-sungguh?

Stefanus salah seorang yang memiliki hikmat, dipilih menjadi pelayan Tuhan. la rela berkorban bahkan mati karena melakukan tugas pelayanan dengan baik. Bagaimana dengan kita yang telah menerima anugerah keselamatan dari Tuhan Yesus? Apakah kita ingin menjadi berkat bagi semua orang, teristimewa bagi bangsa Indonesia yang kemerdekaannya telah kita nikmati bersama? Firman Tuhan saat ini mengajarkan kepada kita, bahwa tidak semua orang dapat dipercayakan mengerjakan pelayanan-Nya. Hanya mereka yang memiliki kerendahan hati, jiwa mengasihi serta rela berkorban yang dipercayakan pelayanan-Nya, Apakah kita adalah orang yang sedang dipercayakan untuk mengerjakan tugas pelayanan tersebut demi mengisi kemerdekaan Indonesia dan gereja Tuhan?


 ♪  KJ. 357 : 3, 4
Doa : (Ya Tuhan, tolong kami untuk mengisi kernerdekaan dengan mengerjakan tanggungjawab pelayanan yang Engkau percayakan) 

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *