SENIN, 21 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

27 Kali dibaca, Diterbitkan: 21 January 2019        


 

MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

GB 214:1 – Berdoa

TUHAN MEMBERI YANG TEPAT, DALAM KEADAAN SULIT

Mazmur 18 : 31-37
Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji Tuhan adalah murni;.. (ay.31a).

20 hari sudah kita jalani kehidupan di tahun 2019. Meskipun kalender 2018 sudah berakhir, tetapi tidak berarti masalah yang kita alami di tahun 2018 telah selesai. Bahkan mungkin masalah tersebut semakin sulit dan berat kita hadapi di tahun 2019 ini. Itulah kehidupan manusia dengan permasalahan dan penyelesaiannya datang silih berganti dalam kehidupan kita, tinggal bagaimana kita memaknainya saat menghadapinya, bersama Tuhan atau mengandalkan kekuatan dan kemampuan diri.

Pemazmur dalam bacaan Alkitab pagi ini, memberi kesaksian bahwa hidupnya juga berhadapan dengan parsoalan. Namun, dengan berada pada jalan Tuhan dan berpegang pada janji-Nye, ia mendapatkan pertolongan dari-Nya. Ia pun dapat petunjuk untuk keluar dari pemasalahan yang dihadapinya, secara khusus disaat berperang melawan musuh-musuhnya, pemazmur memperoleh kemenangan. Pertolongan yang diberikan Tuhan selalu tetap sesuai apa yang diperlukannya bukan hanya bagi kebutuhan jiwanya, tetapi juga Tuhan memenuhi kebutuhan jasmaninya. Perbuatan-perbuatan Tuhan itulah yang meneguhkan iman pemazmur, sehingga ia yakin bahwa jalan Tuhan sempurna dan janji Tuhan murni. Hal itu yang dinyatakan pemazrnur dalam ayat 31a. Dengan penyataannya itu pemazmur mengingatkan kita, pembaca tulisannya pada masa kini.

Jika menghadapi masaiah atau keadaan diluar harapan kita, jangan membuat kita putus asa dan kehilangan harapan, sehingga tidak bersemangat atau malah ingin mengakhiri hidup. Tetap berjalan pada jalan Tuhan dan berpegang pada janji-Nya sebagai pilihan yang tepat. Pertolongan Tuhan pasti dinyatakan pada kita, tindakan Tuhan tepat sesuai kebutuhan kita pada saat tersulit. Mungkin kita mendengar berbagai tawaran untuk penyelesaian masalah kita, namun ujilah setiap tawaran sejauh mana sesuai jalan Tuhan. Pilihlah untuk tetap setia pada janji Tuhan.

GB.214 : 2,3
Doa : (Tuhan biarlah hikmat-Mu menuntun kami untuk tetap setia pada perintah dan janji-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *