Senin, 21 Mei 2018 – Renungan Malam

103 Kali dibaca, Diterbitkan: 21 May 2018        


 

Minggu Pentakosta

Senin, 21 Mei 2018
Renungan Malam

KJ 422 : 1 – Berdoa

PERENCANAAN YANG BAIK ITU PENTING

Nehemia 2 : 6-10
“Berkatalah aku kepada raja: jika raja menganggap baik, berikanlah aku surat-surat bagi bupati-bupati…sepucuk surat bagi Asaf…dan raja mengabulkan…” (ayat 7,8)

Dwight D. Eisenhower mengatakan bahwa “Rencana tidak ada artinya; yang penting adalah perencanaan”. Pernyataan ini mau menyadarkan semua orang tentang kelemahan kita yang seringkali mempunyai banyak rencana, tetapi tidak pernah belajar untuk menyusun perencanaan bagi rencana tersebut. Sehingga seringkali rencana yang kita miliki gagal.

Perencanaan yang baik itu penting. Bahkan dalam teks kita, Nehemia yang mempunyai rencana untuk kembali membangun Yerusalem, ia memulai dengan membuat perencanaan yang sangat baik. Perencanaan itu dibuat dengan melibatkan Allah ketika di Pasal 1 ia mulai dengan berpuasa, mengaku doa dan berdoa di setiap langkah perencanaan yang akan dibuat. Sehingga secara bertahap mulai terbuka pintu untuk rencananya. Jawaban Nehemia kepada raja yang memohon agar raja memberikan surat-surat kepada bupati supaya ia bisa diijinkan sampai di Yehuda dan kemudian surat kepada pengawas taman raja supaya ia bisa diberikan kayu untuk menjadi bahan bangunan (ayat 7,8) merupakan bagian dari perencanaan Nehemia.

Jawaban Nehemia kepada raja merupakan bagian dari perencanaan yang telah disiapkannya, karena ia telah memprediksi bahwa rencana untuk membangun kembali Yerusalem pasti akan berhadapan dengan banyak tantangan. Itu sebabnya ketika kesem patan yang diberikan Allah datang kepada Nehemia melalui pertanyaan raja, maka ia tidak ragu meminta pertolongan kepada raja. Dan terbukti Raja mengabulkan permohonannya. Hal ini terjadi karena sejak awal ia sudah melibatkan Allah dalam perencanaannya ini, sehingga ia yakin bahwa Allah melindunginya. Mari kita belajar dari Nehemia untuk selalu membuat perencanaan yang baik dari setiap rencana yang kita miliki dengan selalu melibatkan Allah.

KJ 422 : 2,3
Doa : (Ajar kami mensyukuri untuk selalu belajar membuat perencanaan yang baik dari setiap rencana yang ada dengan melibatkan Engkau).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *