Senin, 23 Oktober 2017 – Renungan Pagi

85 Kali dibaca, Diterbitkan: 23 October 2017        


MINGGU XX SES. PENTAKOSTA
SENIN, 23 OKTOBER 2017
Renungan Pagi
KJ.332 : 1-Berdoa
CARILAH TUHAN DAN TEMUKANLAH KEKUATAN-NYA

1 Tawarikh 16:1-22
Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya carilah wajah-Nya selalu (ay.11)

lni doa raja Daud dan kawannya yang ditujukan kepada Tuhan. Tujuan doa ini sudah jelas ialah supaya umat Tuhan yang dirajai itu dirangsang untuk mendekati Tuhan, memohon serta mengharapkan pernyataan dan perlindungan-Nya. Karena mengingat begitu besar kasih setia Tuhan yang telah mengantar umat-Nya dalam perjalanan ketika menuju ke tanah perjanjian, tanah yang dijanjikan itu. Syair ini menggambarkan betapa segala perbuatan Tuhan dimasa lampau menjadi bukti konkrit bahwa Tuhanlah
dengan perbuatan yang dahsyat dibarengi mujizat-mujizat-Nya, telah melindungi umat pilihan-Nya.

Diingatkan kembali kepada umat-Nya agar mengingat masa lampau dimana Tuhan berkenan memilih Abraham, Yakub dan lshak yaitu bapak-bapak leluhur demi menyempurnakan maksud Tuhan dan menjadikan mereka sebagai pelanjut sejarah pilihan. Betapa penting untuk mengenal dan mengamalkan janji-janji Tuhan agar tidak saja dipercayai tetapi Iebih-Iebih dinikmati melalui tindakan dan perbuatan. Kita dan gereja ini adalah penerus akan pelanjut kisah sejarah bapak-bapak leluhur. Banyak hal yang harus kita realisasikan dalam komunikasi dan interaksi apa yang telah dilakukan dimasa lampau dan apa yang akan dilakukan dimasa kini dan masa yang akan datang itu.

Kitapun harus menyadari bahwa apapun yang kita lakukan tidak terlepas daripada cara dan metode yang dipakai. Mencari Tuhan dan menemukan kekuatan-Nya adalah cara dan upaya seberapapun besar dan seberapapun jauh usaha kita diperkenankan Tuhan. Mencari Tuhan berarti juga bekerja, berupaya melalui segala cara yang benar untuk memperoleh perkenanan Tuhan. Raja Daud telah menjadi contoh dan teladan bagaimana mencari dan bagaimana menemukan Tuhan.

KJ. 332: 2
Doa : (Bapa yang di sorga mampukan kami merasakan kuasa dan kekuatan-Mu dalam setiap perjuangan kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *