SENIN, 25 FEBRUARI 2019 – Renungan Malam

110 Kali dibaca, Diterbitkan: 25 February 2019        


 

MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA

GB.117 :1,2 – Berdoa

KUASA SEPATAH KATA

Matius 8:14-17
…dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit (ay. 16)

Tom Hanks, pemain film Hollywood pernah berkata dan menuliskan pesan kepada Patrick Wilson, ‘gigihlah, sobat.‘ Beberapa tahun kemudian, Patrick menjadi bintang film dan dia merasa bahwa dua kata yang dari Tom Hanks sangat berarti bagi dirinya karena memberi semangat dan kekuatan untuk kemajuan karirnya.

Ibu mertua Petrus yang sakit setelah dipegang oleh Yesus, demamnya pun lenyaplah. Setelah sehat, ibu mertua Petrus tidak terbaring lemah lagi, ia bangun dan melayani Yesus: Dengan sepatah kata, Tuhan Yesus mengusir roh-roh jahat dari orang-orang yang kerasukan setan. Dengan sepatah kata, Tuhan Yesus menyembuhkan orang-orang sakit. Sungguh dalam diri Tuhan Yesus, berdiam kuasa Allah yang berkuasa, sehingga ketika Dia memegang, menjamah dan mengucapkan sepatah kata, maka segala penyakit dan kuasa jahat takluk dan kalah. Tak heran jika seorang perwira Romawi di Kapernaum datang dan memohon agar Yesus mengucapkan sepatah-kata saja untuk kesembuhan hambanya (Mat. 8:8). Dia sangat meyakini bahwa dengan sepatah kata saja, Yesus dapat menyembuhkan hambanya itu, karena baginya Yesus adalah Tuhan yang berkuasa (Mat. 8:13).

Saudaraku, ada ungkapan, “kata-katamu atau ucapanmu adalah doa. “Ya, kata-kata memiliki kuasa. Kata-kata mempunyai pengaruh untuk memberi semangat dan memulihkan atau sebaliknya, melukai dan menghancurkan. Kata-kata yang terucap bisa membangun kehidupan seseorang, atau sebaliknya, bisa juga menghancurkan seseorang. Kata-kata bisa melukai hati, tetapi sebaliknya juga bisa menyembuhkan luka hati. Kata-kata apakah yang telah saudara ucapkan hari ini dan hari-hari kemarin kepada sesama manusia? Seperti Tuhan Yesus, hendaklah kata-kata kita manghadirkan kuasa Allah dalam diri kita juga bagi sesama. Kiranya hanya perkataan Kristus yang diam dalam diri kita sehingga kata-kata kita berkuasa membangun kehidupan sesama manusia (Kol.3:16-17).

GB.117:5.8
Doa : (Ya Allah, kuasailah seluruh hidup kami dengan Roh kudus agar perkataan kami mencerminkan kehadiran Kristus dalam diri kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *