SENIN, 25 MARET 2019 – Renungan Pagi

33 Kali dibaca, Diterbitkan: 25 March 2019        


 

MINGGU IV PRAPASKAH

KJ.423:1 – Berdoa

PELAYANAN YANG BERAGAM

1 Korintus 12:1-6
Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan (ay.5).

Warga jemaat di Korintus yang beragam memiliki pandangan beragam tentang karunia. Mereka terjebak dalam penilaian bahwa karunia yang satu lebih tinggi dari yang lain. Persoalan inilah yang hendak dijawab oleh Paulus bahwa yang pertama-tama dan penting adalah ‘mengetahui kebenaran‘ (ay.1). Apakah kebenaran yang dimaksud Paulus? Dengan jelas dikemukakan bahwa kasih adalah pondasi dari semua karunia. Kasih adalah kebenaran yang memungkinkan setiap karunia Roh bersifat membangun (1 Kor.13:1 dan 14:4). Dengan pemahaman yang demikian Paulus hendak menasihati umat di Korintus agar memiliki pertimbangan yang benar terhadap segala sesuatu dan tidak memberi penilaian yang merusak persekutuan. Penilaian yang merusak persekutuan adalah ketika seseorang merasa dirinya paling utama dalam persekutuan dan mengabaikan yang lain. Di sisi lain Paulus menegaskan bahwa pengakuan tentang Yesus adalah Tuhan hanya dimungkinkan oleh Roh Kudus (ay.3). Artinya, jika seseorang mengaku Yesus adalah Tuhan, ia pasti menghindari perpecahan dan berjuang untuk kesatuan dengan menghargai berbagai karunia. Inilah kebenaran yakni selalu menjunjung kebersamaan dan mewujudkan pengakuan bahwa Yesus adalah Tuhan.

Warga jemaat diingatkan oleh firman Tuhan saat ini bahwa merawat setiap karunia untuk kemuliaan Tuhan adalah kebenaran. Setiap karunia sekalipun nampak biasa, harus digunakan untuk membangun persekutuan sesuai dengan kehendak-Nya. Sebagai umat-Nya kita perlu terus menghargai karunia sesama kita agar persekutuan yang sudah terbentuk selama ini terus dibangun dalam semangat kasih.

KJ.423 : 2
Doa : (Tuhan, tolonglah kami untuk terus bertumbuh dalam kebenaran yakni menghargai setiap karunia yang berujung pada persekutuan yang harmonis)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *