SENIN, 3 JUNI 2019 – Renungan Malam

50 Kali dibaca, Diterbitkan: 3 June 2019        


 

MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS

KJ- 337:1 – Berdoa

SERIUS MEMBANGUN INDONESIA

Filipi 2:25-30
sambutlah dia dalam Tuhan dengan segala sukacita dan hormatilah orang-orang seperti dia. (ay. 29)

Keberhasilan pemerintah dalam membangun Indonesia tidak dapat dipisahkan dari keberadaan orang-orang yang secara serius memberikan dirinya untuk membangun Indonesia. Mereka bukan hanya presiden dan wakil presiden, atau para menteri yang setiap waktu siap turun ke lapangan untuk mengawasi jalannya proyek-proyek pembangunan. Mereka adalah juga pekerja-pekerja di lapangan yang bahkan kadang menghabiskan waktu atau hari-hari mereka di lapangan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia dan untuk kesejahteraan masyarakat. Dan Indonesia memang membutuhkan pekerja-pekerja yang sungguh-sungguh memberikan hatinya untuk membangun Indonesia.

Dalam bacaan kita malam ini, sikap serius dalam melakukan tugas dan tanggung jawab yang diberikan juga menjadi pembicaraan Paulus dengan Jemaat Filipi. Sikap ini Paulus temukan dalam diri Epafroditus. Epafroditus adalah rekan sepelayanan Paulus yang diutus jemaat Filipi untuk membantu pelayanan Paulus. Paulus menggambarkan Epafroditus sebagai orang yang sungguh-sungguh memberikan dirinya untuk pelayanan. Karena dia memberikan dirinya dengan sungguh-sungguh untuk melayani, dia tidak terlalu memedulikan dirinya meskipun sakit dan nyaris mati. Untuk itu Paulus meminta jemaat di Filipi untuk menghargai orang-orang seperti Epafroditus yang sungguh-sungguh memberi diri untuk melayani.

GPIB, khususnya warga GPIB, harus memakai semangat seperti Epafroditus dalam berkarya untuk bangsa dan negara ini. Program-program pelayanan yang ditujukan untuk mengupayakan kesejahteraan umat dan membangun kekuatan bangsa harus dilaksanakan secara serius. Warga GPIB harus bisa memberikan keteladanan dalam membangun bangsa dan negara sehingga gereja dihargai karena kepedulian dan peranan-nya dalam menyejahterakan bangsa dan negara. Untuk itu berikanlah semua potensi, daya dan dana, yang dimiliki gereja untuk menyejahterakan masyarakat dan membangun kekuatan bangsa dan negara Indonesia.

KJ. 337 : 3
Doa : (Kristus, tolongiah kami secara serius ikut membangun bangsa dan negara Indonesia)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *