SENIN, 3 JUNI 2019 – Renungan Pagi

61 Kali dibaca, Diterbitkan: 3 June 2019        


 

MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS

KJ 409:1 – Berdoa

REKAN KERJA YANG DIPERCAYA

Filipi 2:19-24
Karena tak ada seorang padaku, yang sehati dan sepikir dengan dia dan yang begitu bersungguh-sungguh memperhatikan kepentinganmu; (ay.20)

Keberhasilan Presiden Jokowi dalam membangun berbagai wilayah di Indonesia dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari dukungan para menterinya. Untuk itu sejak terpilih sebagai presiden pada tahun 2014, ia berupaya untuk memilih para menteri yang dapat mendukungnya mewujudkan visi dan misinya membangun Indonesia. Beberapa menteri yang terpilih di awal pemerintahannya harus diganti karena dinilai kurang bisa mewujudkan apa yang diharapkan oleh Presiden.

Memilih rekan kerja yang tepat dalam mendukung pekerjaan, juga dilakukan oleh Paulus dalam pelayanannya. Dalam mencari rekan pelayanan untuk pelayanan kepada jemaat di Filipi, Paulus mencari orang yang bisa dipercaya melakgukan apa yang ingin dia lakukan untuk jemaat-jemaat yang dia layani. Setidaknya ada dua kriteria ketika Paulus dalam mencari rekan pelayanan (ay.20). Kriteria pertama adalah orang yang bisa sehati dan sepikir dengannya dalam melayani. Kriteria kedua adalah orang yang mempunyai perhatian kepada jemaat yang dilayani. Kriteria ini Paulus temukan dalam diri Timotius yang menurut Paulus kesetiaannya sudah teruji (ay.22) dan sangat memperhatikan kepentingan jemaat di Filipi (ay.20). Paulus tidak memilih yang lain karena menurutnya mereka lebih memperhatikan kepentingan mereka sendiri (ay. 21).

GPIB, khususnya warga GPIB, jika ingin mengupayakan kesejahteraan umat dan membangun kekuatan bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka GPIB harus mencari rekan kerja yang memiliki cita-cita yang sama. Ini dilakukan dengan kesadaran bahwa untuk mengupayakan kesejahteraan umat dan membangun kekuatan bangsa GPIB tidak bisa melakukannya sendiri melainkan harus bekerja sama dengan yang lain. Untuk itu carilah rekan kerja yang dapat dipercaya untuk mewujudkan cita-cita GPIB bagi bangsa dan negara.

KJ. 409 : 2
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kami untuk menemukan rekan kerja yang baik dalam membangun bangsa dan negara ini)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *