Senin 31 Agustus 2020 – Renungan Pagi

11 Kali dibaca, Diterbitkan: 29 August 2020        


MINGGU XIII SES. PENTAKOSTA

GB. 70 : 1 – Berdoa

Amsal 8 : 10-12

Pengetahuan, Modal Menghadapi Masa Depan

Ada kata bijak mengatakan “tujuan pendidikan mempersiapkan generasi muda untuk mendidik diri mereka sendiri seumur hidup mereka.” Maksudnya pendidikan adalah upaya transfer pengalaman/pengetahuan untuk membekali kehidupan generasi muda/penerus. Pengetahuan akan menyelamatkan dan menguatkan generasi muda sebagai pemilik masa depan.

Kitab AmsaI menggambarkan betapa pentingnya pendidikan dan pengetahuan sebagai modal untuk memperluas dan memperdalam hikmat. Pendidikan lebih berharga dari perak dan pengetahuan lebih dari emas terbaik, serta hikmat lebih berharga dari permata (8:10-11). Intinya pengetahuan dan didikan lebih bernilai dari barang-barang berharga. Sebagaimana disebutkan dalam kata-kata bijak bahwa “pengetahuan lebih berharga daripada harta, sebab untuk mengelola harta benda agar bermanfaat dibutuhkan pengetahuan yang baik”. Setiap orang bisa memiliki emas, perak atau permata, namun yang lebih penting adalah memiliki didikan dan pengetahuan. Pengetahuan adalah anugerah Allah bagi manusia (Ams. 1:7). Melalui pengetahuan yang baik manusia memiliki hikmat untuk mengelola sumberdaya alam yang diciptakan TUHAN untuk menopang kehidupan, sehingga dapat bertahan di tengah situasi apa pun, termasuk di tengah pandemi yang melanda dunia.

Jika kita ingin terus bertahan dan memiliki masa depan maka tekunlah menjalani pendidikan untuk menimba pengetahuan sebanyak mungkin. Bagi generasi penerus yang mau menata kehidupannya di masa depan, harus membekali dirinya dengan pengetahuan yang cukup melalui pendidikan. Pengetahuan yang diperoleh merupakan kekuatan untuk berkarya dan berkreasi secara bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya alam. ltulah modal atau bekal penting bagi masa mendatang.

GB. 70 : 3
Doa : (Allah Bapa, tolong anugerahkan kami hikmat untuk setia menjalani pendidikan dan meraih pengetahuan yang baik bagi masa depan)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *