SENIN, 31 DESEMBER 2018 – Renungan Malam

94 Kali dibaca, Diterbitkan: 31 December 2018        


 

MINGGU SESUDAH NATAL

GB 340 : 1,2 – Berdoa

PROYEK JALAN TUHAN DALAM LINTASAN WAKTU

Yesaya 40 : 3-5
Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita (ay.3)

Di Kalimantan Barat berlangsung mega-proyek pembangunan jalan lintas negara oleh pemerintahan Jokowi. Presiden memerintankan perbaikan jalan yang rusak dan sempit serta mernbuka jalan baru. Proyek jalan ini membutuhkan perencanaan yang matang, banyak personil, berbagai macarn alat berat, serta dana triliunan rupiah dan berbagai material bangunan. Tanpa kesatuan seluruh elemen tereebut, proyek pembangunan jalan ini tentu tidak akan berhasil.

Melalui Yesaya, Allah memerintahkan umat-Nya agar membuka jalan bagi pekerjaan Allah dalam hidup mereka (ay.3-4). Kemuliaan Allah bagi seluruh urnat-Nya akan nyata ketika jalan tersebut tersedia dan tanpa terjadi hambatan akibatjalan yang tidak rata, berbukit-bukit dan berlekuk-lekuk (ay.5). Tentu jalan yang dimaksud disini tidak secara harafiah seperti infrastruktur yang diproyekkan oleh pemerintah. Jalan tersebut merujuk pada rancangan dan kedatangan Tuhan untuk rnemulihkan dan menyelamatkan umat-Nya melalui kesediaan diri den hidup anak-anak-Nya sebagai bagian dari rancangan-Nya tersebut.

Oleh Karena itu, sepeni proyek pembangunan di atas, kita patut ambil bagian dalam “proyek” jalan yang dikehendaki Tuhan. Perintah dan perencanaan proyek ini datang dari Tuhan sendiri melalui Ron Kudus-Nya. Personil yang dibutuhkan adalah gerejanya, yakni orang-orang yang dipanggil keluar dari kegelapan rnenuju terangNya yang ajaib (ekklesia). Berbagai alat yang dibutuhkan adalah beemacam talenta atau karunia yang telah Tuhan berikan. Sedangkan clana dan material yang dibutuhkan adalah segala berkat yang Tuhan berikan kepacla kita untuk dipersembahkan bagi pekerjaan-Nya. lni semua demi semakin dinyatakannya kemuliaan Tuhan, dan seluruh umat manusia akan tenteram di jalan-Nya.

Sepanjang tahun ini, sudahkah kita mempersiapkan dan memberikan hidlup kita untuk rancangan dan kedatangan Tuhan?

GB. 340 : 3
Doa : (Bapa kami yang Mahakasih, kami mengucap syukur atas cinta-Mu kepada kami yang tak bersyarat dan tanpa batas di sepanjang tahun. Ajarlah kami untuk selalu setia bekerja cii jalan-Mu cli lintasan waktu yang Tuhan ciptakan hagi kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *