SENIN, 7 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

100 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 January 2019        


 

MINGGU EPIFANIA

GB.3:1 – Berdoa

MENJADI MAHKOTA KEAGUNGAN DI TANGAN

Yesaya 62:1-5
Engkau akan menjadi mahkota keagungan di tangan Tuhan…. (ay.3).

Kembara umat Israel berada dalam pengamatan Allah. Allah bukan saja mengamati, tapi juga memelihara. menyertai bahkan memulihkannya. Pemulihan Allah membuat mereka tidak lagi sunyi sepi, tetapi menjadi semarak dengan kebaikan Allah. Umat yang tadinya terpisah akibat ketidaksetiaan mereka pada Allah. Kebaikan Allah sempurna dan luar biasa namun nyatanya umat tidak setia. Allah tetap setia. Allah yang setia pada janji-Nya.

Allah tetap setia terhadap rancangan keselamatan bagi umat-Nya. Allah memilih dan mengasihi Sion (Mazmur 132:13). Allah menetapkan umat-Nya tetap dalam rangkulan kasih-Nya (Mazmur 78:68). Jelas Sion bukan saja dilihat sebagai tempat dimana Allah hadir tapi juga merupakan negeri dimana umat Allah ditinggikan. Proses yang Allah lakukan tidak main-main dari kondisi umat yang tidak berharga, berubah punya nilai baru yang tidak ada taranya seperti yang diungkap dalam bahasa kiasan “menjadi mahkota keagungan di tangan Tuhan”.

Kini kita selaku umat Allah di zaman now, apakah kita tetap tinggal berkajang dalam dosa. Tetap bertahan dalam kaberdosaan maka kita akan tinggal dalam keterpurukan dan kegelapan akibat melawan kehendak Allah, serta tidak mau dengar-dengaran pada firman-Nya, atau kita mau memberi diri kita, menjadi mahkota keagungan di tangan Tuhan. Jangan tunda lagi, Allah hadir dalam Yesus Kristus memberikan semua itu bukan menjadi hiasan atau aksesoris, tapi agar kita hidup dan berkarya bagi kemuliaan nama-Nya.

GB 3:2
Doa : (Tolong kami Tuhan, agar mampu mempertahankan keagungan-Mu ditengah situasi kehidupan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *