Senin, 7 Mei 2018 – Renungan Pagi

107 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 May 2018        


 

Minggu V Sesudah Paskah

Senin, 7 Mei 2018
Renungan Pagi

MAU BERKAT? TERIMA FIRMAN TUHAN

Ayub 22:21-26
“dan apabila Yang Mahakuasa menjadi timbunan emasmu dan kekayaan perakmu” (ayat 25)

Ayub sedang dalam kesusahan yang hebat. Ia kehilangan harta bendanya, anak-anaknya, dan hamba-hambanya. la mengalami sakit kulit yang parah sehingga menggaruk bagian tubuhnya yang gatal dengan beling (pecahan kaca). Istrinya menghasutnya untuk meninggalkan Allah. Sahabat-sahabatnya menghakimi dengan keras. Menurut mereka Ayub telah melakukan kejahatan yang besar sehingga tertimpa kesusahan.

Contohnya, Elifas yang gemas dengan Ayub, menyampaikan khotbah yang berapi-api kepada Ayub dan mendakwanya sebagai raja lalim dan munafik. Kita tahu bahwa dakwaan itu tidaklah benar, namun ada hal menarik yang disampaikan Elifas berikutnya dalam nada lembut dan indah, yakni undangan untuk kembali kepada Allah. Elifas benar ketika ia mengatakan bahwa manusia menemukan ketenteraman sejati bukan di dalam dosa-dosa melainkan melalui pengampunan atas dosa-dosa itu, melalui penerimaan kebenaran firman Allah, melalui pertobatan kepada Allah. la harus mengakui bahwa hidup dalam anugerah Tuhan lebih berharga dari segalanya. Kelegaan Ayub bergantung pada penerimaannya terhadap Firman Allah sebagai harta yang paling berharga.

Kegembiraan adalah berkat yang ditawarkan Allah dan yang kita butuhkan untuk hidup dan berkarya. Kegembiraan yang dimaksud adalah kelegaan, perasaan pasti, keyakinan teguh, sadar dan penuh hikmat. Cara untuk berada di dalamnya adalah dengan menjadikan Allah dan Firman-Nya sebagai harta kekayaan kita. Hari ini kita akan hidup dan berkarya lagi. Mau kegembiraan? Mau kelegaan? Mau berkat-berkat Allah lainnya? Kembalilah kepada Allah, terimalah firman-Nya dan lakukanlah dengan sukacita bagi kemuliaan Allah.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *