SENlN,13 MEI 2019 – Renungan Malam

8 Kali dibaca, Diterbitkan: 13 May 2019        


 

MINGGU III SESUDAH PASKAH

KJ.61:1,2 – Berdoa

ALLAH PENCIPTA, SUMBER BERKAT

Kejadian 1:9-13
“Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji…”(ay.11)

Sebelum manusia diciptakan, maka Allah menciptakan segala sesuatu yang nantinya dibutuhkan oleh manusia. Pada hari pertama Allah menciptakan langit dan bumi, menata segala yang tidak beraturan menjadi teratur, memisahkan terang dan gelap (1:3-5) Hari kedua, Allah memisahkan cakrawala, langit dan air yang dibawah langit (1:6-8). Hari ketiga, Allah memisahkan darat dan laut memberi tumbuhan di daratan (1 :9-13). Hari keempat, Allah menciptakan matahari, bulan dan bintang (1:14-19). Hari kelima, Allah menciptakan segala jenis hewan di darat, di air, ikan-ikan, dun burung-burung yang beterbangan (1 :20-23). Hari keenam, Allah menciptakan manusia untuk menguasai, memelihara dan mengusahakan semua ciptaan Allah lainnya (1 :24-31).

Dari kisah penciptaan di atas, marilah kita belajar melihat dan merenungkan betapa Allah menyiapkan segala sesuatu bagi manusia ciptaan-Nya. Allah mempersiapkan daratan untuk menjadi tempat tinggal manusia, tempat manusia membangun kehidupan. Apabila memahami karya cipta Allah yang maha agung ini, maka kita terpanggil untuk membangun kehidupan yang berpusat pada Allah. Kehidupan demikian adalah kehidupan yang beribadah kepada Tuhan. Ibadah yang selalu dilihat dari dua dimensi, yakni dimana ritual dan dimensi aktual. Keduanya harus berjalan seiring sejalan ritus ibadah yang harus dilakukan secara tertib teratur, karena pada saat itu Allah datang dan menyapa umat melalui firman-Nya. Setelah itu, umat diutus untuk mengaplikasikan firman Tuhan dalam karya-karya hidupnya.

Malam ini setelah kita alami begitu banyak peristiwa, setelah kita memandang begitu banyak warna-warni kehidupan, marilah kita memasuki peraduan malam ini dengan penuh syukur. Yakinlah, Allah Sumber Hidup tetap memelihara dan menyediakan bagi kita berkat yang baru besok pagi.

KJ.139 : 1,7
Doa : (Bapa di sorga, ajar kami untuk selalu bersandar kepada-Mu dan menyerahkan hidup ini bagi hormat dan kemuliaan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *