Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

KAMIS, 13 JUNI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU PENTAKOSTA

GB.121 : 1 – Berdoa

UTUSAN YANG PEKA TERHADAP VISI DARI TUHAN

Yeremia 1:11-19
…lalu firman Tuhan kepadaku: ‘Baik penglihatanmu, sebab Aku siap sedia untuk melaksanakan firman-Ku.‘ (ay.12)

Tuhan memberikan visi (penglihatan) kepada para utusan-Nya. Untuk memperoleh visi (penglihatan) dari Tuhan maka setiap utusan Tuhan perlu membangun hubungan yang akrab dan intim dengan Tuhan. Setiap visi mengandung kebenaran tentang rencana dan tindakan Tuhan untuk disampaikan kepada orang lain. Tindakan Tuhan yang terungkap dalam visi untuk disampaikan tidak selamanya berita baik, melainkan juga kabar celaka. Setiap utusan mesti siap menyampaikannya tanpa takut. Kecenderungan para utusan adalah menghindar untuk menyampaikan kabar hukuman dari Tuhan karena takut hidupnya terancam.

Yeremia mendapat dua visi yang diberikan Tuhan. Pertama, ‘sebatang dahan pohon badam‘ yang artinya ‘Tuhan telah siap melaksanakan firman-Nya‘. Kedua, ‘sebuah periuk mendidih …dari sebelah utara‘ yang artinya ‘malapetaka dari utara akan menimpa negeri Yehuda‘. Kedua visi menjelaskan tentang hukuman yang Tuhan akan jatuhkan kepada kota Yerusalem dan segala kota Yehuda karena mereka berlaku jahat dengan meninggalkan Tuhan; membakar korban kepada allah lain dan sujud menyembah kepada buatan tangan sendiri. Yeremia diperintahkan Tuhan untuk menyampaikan kabar hukuman ini kepada para pembesar dan rakyat Yehuda dan Yerusalem tanpa takut dan gentar terhadap mereka. Tuhan menjadikan Yeremia sebagai kota berkubu, tiang besi dan tembok tembaga yang tidak dapat dikalahkan oleh para pembesar dan rakyat Yehuda sebab Tuhan menyertai dan akan melepaskan Yeremia.

Berbagai peristiwa politik, ekonomi, sosial yang terjadi dalam kehidupan gereja, masyarakat, bangsa dan negara, termasuk bencana alam, adalah visi yang mengandung pesan dari Tuhan. Mari mengasah kepekaan untuk dapat menangkap pesan Tuhan melalui setiap visi yang tampak agar kita dapat memberitakan kebenaran firman Tuhan tanpa takut dan gentar.

GB.121 : 2
Doa : (Tuhan, jadikan kami utusan yang visioner dan missioner di negeri ini)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya