Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu 16 September 2020 – Renungan Malam

MINGGU XV SES. PENTAKOSTA

KJ. 411 : 1 – Berdoa

Amsal 9 : 10-18

Undangan Kebodohan

Lorong-lorong itu pernah kusaksikan dalam derap berpelayanan di ladang kepunyaan Tuhan. Suara musik pesta pora membahana dan mengundang persungutan para tetangga. Betapa dentuman itu tiada henti dalam pekatnya malam. Dan siangpun terdengar dentum yang sama bak musik diskotik yang merangsang dia yang lemah tak berdaya untuk menikmati kesenangan sesaat. Seakan undangan dunia orang mati menghampiri mereka, dan menjanjikan dalam hayalan semu. Namun manisnya santapan duniawi merusak seluruh sendi kehidupan bahkan masa depan mereka. ltulah undangan kebodohan dengan kenikmatan sesaat yang mereka respon tanpa memikirkan makna hidup yang sejati.

Amsal memperlihatkan perilaku orang bebal yang memenuhi undangan kebodohan. Di dalam rumah kebodohan, hawa nafsu kefasikan memenuhi diri para penghuninya. Undangan itu tidak saja terbatas pada perilaku seks bebas, tetapi juga semua bentuk perilaku bebal yang menuntun kepada maut. Kalau orang berhikmat memenuhi undangan dengan bijaksana yakni bersih tangannya dan murni hatinya, orang bebal justru tertarik pada undangan rumah kebodohan seperti kuil pelacuran yang menawarkan kematian bagi para pemujanya. Undangan hikmat membawa manusia pada pengertian dan kehidupan, sedangkan undangan kebodohan membawa manusia untuk memuaskan hawa nafsunya dengan mengabaikan hikmat Allah.

Sekarang matahari telah kembali ke peraduannya. Gelap malam meliputi diri tiap insan. Seberkas cahaya lilin menyinari diri. Mengusik keletihan, membangun kesadaran dalam tanya : Apakah di sepanjang hari ini kita memenuhi undangan kebodohan yang membawa kita pada rasa bersalah yang dalam? Jujurlah kepada Dia Kristus, Sang pengasih dan masuklah dalam kumpulan orang berhikmat, maka engkau akan disebut sebagai orang yang berbahagia.

KJ. 411 : 2
Doa : (Tuhan, tolong kami agar tidak berada di jalan orang bebal)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya