Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 26 Desember 2020 –Renungan Pagi

HARI NATAL II

GB.150 : 1, 2 – Berdoa

Matius 2 : 13 – 15

Menjaga Anak Hadapi Tantangan

Cinta seorang ibu itu menenangkan. Cinta seorang ayah itu menguatkan. Ungkapan ini merupakan gambaran pentingnya peran orang tua dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua yang taat akan telaten menjaga dan memelihara kehidupan anak dengan segala daya juang yang harus dilakoni.
 
Ungkapan di atas menggambarkan masa kanak-kanak Yesus yang diawali dengan berbagai tantangan dan kesulitan hidup. Yusuf melalui mimpinya diperintahkan oleh malaikat Allah untuk lari ke Mesir. Mengapa Allah mengarahkan Yusuf untuk membawa keluarganya (bayi Yesus dan ibu-Nya) ke Mesir? Pertama, Mesir bukan wilayah kekuasaan Herodes, karena itu mereka terhindar dari niat jahatnya. ltu berarti, bayi Yesus mengawali hidup-Nya sebagai seorang asing dan pengungsi di negeri orang. Kedua, ayat 15 sejajar dengan ungkapan Hosea 11:1. Yang dimaksud dengan “Anak-Ku” adalah Israel. Dalam sejarah Israel, Mesir adalah tempat penyembahan berhala, kejahatan yang merajalela, perbudakan dan pembunuhan bayi-bayi Israel. Meskipun tempat itu dipandang buruk bagi manusia, namun Allah dapat menggunakannya untuk tujuan yang baik.
 
Dalam pandangan Allah, Mesir adalah tempat yang aman bagi bayi Yesus. Selama di Mesir, Allah tetap memelihara dengan anugerah damai sampai Dia memberitahukan kepada mereka saatnya untuk kernbali. Yesus adalah intisari dari bangsa Israel. Ketika bangsa Israel gagal menjalankan misi Allah, maka Yesus satu-satunya pribadi sempurna yang sanggup melaksanakannya.
 
Kehadiran anak dalam keluarga mendatangkan sukacita sekaligus tantangan. Setiap anak di dalam kehidupan keluarga ada dalam rancangan dan misi Allah. Ketaatan orang tua kepada Allah di tengah gejolak dan gelombang tantangan zaman merupakan bentuk kesetiaan untuk menjalankan misi-Nya bagi anak.
 
 ♪ GB. 150
Doa : (Tuhan Yesus, tolong mampukan kami menjadi orang tua yang siap menjaga anak-anak dalam hadapi tantangan jaman)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya