Jumat, 13 April 2018 – Renungan Malam

50 Kali dibaca, Diterbitkan: 13 April 2018        


 

Minggu I Sesudah Paskah

Jumat, 13 April 2018
Renungan Malam

BAHAGIANYA BERSAMA YESUS

Yohanes 20 : 26 – 29
Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” (ay. 29)

Keraguan Tomas tentang kebangkitan Yesus tidak untuk selamanya. Keraguan Tomas harus diakhiri sebagaimana kehendak Tuhan baginya. Tomas tidak harus berlama-lama hidup dalam keraguan tentang kebangkitan Tuhan Yesus. Keraguan Tomas berakhir saat Tuhan Yesus datang menemuinya. Tuhan Yesus datang saat para murid berada dalam satu persekutuan yang mengasihi Tuhan Yesus.
Di tengah persekutuan Tuhan Yesus datang menampakkan diri-Nya. Tuhan Yesus bersedia menjawab keraguan Tomas yang dikatakannya di hadapan para murid sebelumnya. Tuhan Yesus memberi kesempatan indah bagi Tomas untuk mengalami langsung jawaban atas pertanyaannya. Tuhan Yesus bersedia untuk diperiksa supaya Tomas percaya. Tuhan Yesus dengan lemah lembut membantu Tomas untuk mengakui bahwa benar Yesus adalah Tuhan yang hidup dan tidak perlu lagi diragukan kebang-kitan-Nya. Kebahagiaan Tomas sebenarnya dapat dialami banyak orang saat mereka percaya sepenuhnya dengan iman bahwa Tuhan Yesus benar-benar hidup dan menjamin keselamatan manusia sepenuhnya. Jelas Tuhan Yesus menjamin kebahagiaan dari semua murid-Nya dengan tidak bersandar pada pengertian manusia yang terbatas, tetapi pada janji Allah yang indah.
Dengan iman, kita mengalami kebahagiaan hidup yang dianugerahkan Allah. Kebahagiaan sebab kita percaya kehadiran Tuhan yang memberkati setiap hari. Kita percaya bahwa hidup bersama Tuhan Yesus menjadikan segalanya selaras dengan kehendak-Nya dan kita dapat melangkah pasti menghadapi hari ini maupun masa depan. Tuhan Yesus datang dengan kuasa Roh Kudus agar kita semakin teguh percaya dan tidak terombang ambing oleh berbagai pengajaran sesat. Mari kita pelihara iman yang sudah dianugerahkan bagi kita dan berpegang teguh pada janji Tuhan sampai tiba saatnya panggilan Tuhan datang dalam hidup kita yang fana ini.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *