JUMAT, 14 JUNI 2019 – Renungan Pagi

45 Kali dibaca, Diterbitkan: 14 June 2019        


 

MINGGU PENTAKOSTA

GB.126 : 1 – Berdoa

IKUT MENGUSAHAKAN KESEJAHTERAAN KOTA

Yeremia 29:1-9
Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.(ay.7)

Menjadi orang terbuang dari tanah, negeri, keluarga dan berada di lingkungan baru dan asing, sering dianggap sebagai sesuatu yang sangat menyakitkan. Hidup sendiri, jauh dari keluarga dan teman; terkadang dihantui rasa takut, kuatir, kecewa dan marah kepada orang-orang yang dianggap menjadi penyebabnya, bahkan terhadap Tuhan. Tidak ada gairah dan semangat untuk berusaha dan bekerja. Bersikap pasif dan apatis sambil menanti waktu berlalu, tanpa tahu pasti kapan berakhir. Seperti itulah keadaan dan sikap orang-orang Yehuda ketika berada dalam pembuangan di Babel. Mereka bersikap demikian karena diperdaya dan termakan ramalan dari para juru tenung bahwa pembuangan akan segera berakhir.

Yeremia berusaha membuka wawasan dan pemikiran serta memberi semangat baru kepada para buangan, agar mereka tidak pasif, tetapi aktif bekerja; melakukan hal-hal baik dan berguna. Mereka harus membangun rumah untuk tinggal, membuat kebun agar bisa makan; kawin-mengawin dan melahirkan keturunan agar bertambah banyak. Mereka harus ikut mengusahakan kesejahteraan kota, tempat mereka tinggal, dan berdoa kepada Tuhan
untuk kesejahteraan kota. Sebab jika kota itu sejahtera maka hidup mereka pun sejahtera. Mereka tidak perlu lagi memikirkan kapan pembuangan berakhir, sebab di tanah pembuangan itu pun, Tuhan hadir dan menolong mereka. Pada saatnya Ia akan bebaskan dan bawa mereka kembali.

Tuhan punya maksud dengan menghadirkan kita di negeri ini, meskipun kita terkadang merasa seperti orang terbuang. Namun, apa pun kondisi yang sedang kita alami, mari saling memberi semangat, tetap bersatu dan terus berkarya-abdi, bersama pemerintah dan masyarakat, menghasilkan karya-karya nyata yang ikut mensejahterakan kota, tempat kita hadir. Mari terus dan tekunlah berdoa kepada Tuhan untuk kesejahteraan negeri ini maka hidup kita pun akan sejahtera.

GB.126 : 2
Doa : (Tuhan, ingatkan kami untuk ikut menyejahterakan kota kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *