Jumat, 25 Mei 2018 – Renungan Pagi

148 Kali dibaca, Diterbitkan: 25 May 2018        


Jumat, 25 Mei 2018
Renungan Pagi

KJ 441 : 1 – Berdoa

TULUS KARENA DIA

Nehemia 5 : 14-19
“… Tetapi aku tidak berbuat demikian karena takut akan Allah …” (ayat 15)

Teringat akan seseorang yang pernah menjadi pemimpin di salah satu kota besar di negara ini, yang menyatakan bahwa ia tidak pernah menggunakan dana operasional untuk kepentingan pribadinya. Dana itu ia pergunakan untuk keperluan bagi orang-orang yang membantu dia dalam pemerintahan. Dana itu ia pakai juga untuk memberikan sumbangan bagi banyak orang dan ucapan selamat bagi pengantin saat ia diundang ke acara-acara perkawinan. Paling tidak yang hendak ditunjukkan adalah ketika dipercaya menjadi pemimpin, ia tidak menggunakan kesempatan itu untuk mengumpulkan keuntungan pribadinya.

Nehemia, di dalam perikop yang kita baca kali ini menyatakan bahwa saat ia menjadi bupati Yehuda, ia tidak pernah menggunakannya untuk memperkaya diri. Bahkan apa yang seharusnya menjadi haknya sebagai bupati ia tidak ambil dengan alasan tidak ingin memberatkan rakyat. Dengan tegas ia juga menyatakan bahwa hal itu ia lakukan karena ia takut kepada Tuhan yang memberikan kesempatan itu kepadanya. Nehemia melakukan semua sebagai persembahan hidupnya kepada Tuhan dan memohon agar kiranya Tuhan berkenan atas apa yang telah dilakukannya.

Di dalam kehidupan nyata ada istilah aji mumpung. Artinya selagi ada kesempatan, mengapa hal itu tidak digunakan dengan sebaik-baiknya atau sesukanya. Hal ini juga yang menjadi sedikit banyak menjadi sikap banyak orang yang diberi kekuasaan di negeri ini sehingga kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak pernah sepi. Mari belajar dari Nehemia yang sekalipun diberi kesempatan itu, ia tetap menggunakannya dalam takut akan Tuhan. Melalui bacaan ini, kita diajak juga untuk mempersembahkan apa yang ada pada kita. Kepercayaan dan kekuasaan yang sedang melekat jangan dijadikan alasan untuk menindas sesama dana memuaskan hasrat keserakahan kita.

KJ 441 : 2,3
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kami untuk mempergunakan segala kesempatan yang Engkau percayakan di dalam takut akan Engkau).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *