Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 28 JUNI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

GB.116 : 1,2 – Berdoa

AIR SUSU DIBALAS DENGAN AIR TUBA

Hosea 7:8-16
Sekalipun Aku telah melatih dan menguatkan lengan-lengan mereka, namun mereka merancang kejahatan terhadap Aku. (ay.15)

Tidak ada seorangpun yang mau dihianati. Segala hal yang telah diperbuat untuk kebaikan seseorang, dikemudian hari dilupakan dan kemudian membalas dengan perbuatan jahat. Orang-orang seperti ini terkategori dalam pribahasa: air susu dibalas dengan air tuba.

Inilah yang TUHAN, Allah alami karena perbuatan Israel (kerajaan utara). Mereka bukan menaruh pengharapan kepada Allah, melainkan justru pergi menyembah Baal. Secara politik, Israel membuat kebijakan luar negeri dengan cara menjadikan Mesir dan Asyur sebagai sekutu padahal bangsa-bangsa itu jahat (ay.11). Sesungguhnya bangsa-bangsa itu bukan melindungi mereka, malahan justru menghabiskan kekayaan Israel (ay.9). Dari segi keagamaan, Israel tidak lagi menyembah TUHAN, Allah Israel namun justru menyembah allah bangsa sekutu yakni Baal (ay.16). Padahal sejak semula, TUHAN-lah yang menopang mereka dan memberikan mereka kekuatan. Mereka lebih memilih memberontak kepada Allah dan lari daripada-Nya (ay.13). Secara kasat mata mereka terlihat beribadah, namun sesungguhnya yang ada adalah kemunafikan (ay.13,14). Ya, kebaikan Allah dibalas dengan pemberontakan.

Bukankah kisah Israel ini juga sering kali menjadi kisah banyak orang percaya? Kemurahan dan kebaikan Allah acapkali dibalas dengan ketidaksetiaan kita kepada-Nya? Demi memperoleh keberhasilan secara instan, demi tetap berada di zona nyaman, demi cinta dan kasmaran, demi kepuasan dunia, posisi Allah sering kali menjadi nomor dua. Ketaatan kepada-Nya diabaikan, ibadah dan penyembahan kepada-Nya dilupakan dengan alasan tidak punya waktu. Panggilan pelayanan terabaikan karena kesibukan kena dsb.

Mari mengingat ulang kisah hidup kita. Seberapa sering “air susu” yang Tuhan berikan, sadar atau tidak, kita balas dengan “air tuba”? Dia telah menebus kita, menyelamatkan dan mengangkat kita dari kebinasaan. Seharusnya, hanya Dia saja tempat berpaut dan kepada-Nya saja sembah dan puji kita berikan. Jangan lupakan kebaikan Tuhan, jangan membalas air susu dengan air tuba.

GB.116: 3
Doa : (Tuhan, mampukan kami untuk setia kepada-Mu).


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya