JUMAT, 31 AGUSTUS 2018 – Renungan Pagi

57 Kali dibaca, Diterbitkan: 31 August 2018        


 

JUMAT, 31 AGUSTUS 2018
Renungan Pagi

GB 277 : 1 – Berdoa

JANGAN TINGGI HATI

2 Korintus 12:7-8
Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena pernyataan-pernyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri dalam dagingku,… (ay. 7)

Jangan sombong dan jangan angkuh‘? Oh nanti dulu, bukankah sikap ini diperlukan jaman sekarang karena sudah banyak orang yang hidup dalam pola “mementingkan diri sendiri”, karena pada umumnya manusia itu ingin menang sendiri dan egois. Hai itu berbeda dengan yang diutarakan Paulus dalam ayat 7, Paulus mengutarakan agar tidak melakukan tindakan meninggikan diri maka dia diberi duri dalam dagingnya. Kira-kira apa tujuan semua 1tu?, Paulus adalah rasul Allah dengan karunia yang luar biasa, penglihatan-penglihatan yang hebat, yang melengkapinya dalam pelayanannya. Tetapi dia bukan tipe pelayan yang angkuh, sombong rohani, segala yang dimilikinya tidak membuatnya angkuh, termasuk menyikapi pergumulan duri dalam dagingnya, Paulus menyadari pergumulannya menyadarkan dirinya bawah ia pun lemah dan memilki kelemahan serta butuh pertolongan Allah dimana dia adalah hamba-Nya (ay 8), selain itu sebagai manusia biasa ia juga membutuhkan sesama dalam kehidupan ini .

Setiap orang yang melakukan kebenaran tentunya ingin hidupnya aman dan nyaman apalagi ditopang dengan karunia-karunia yang diberi Tuhan, namun dalam kehidupan yang seperti itu terkadang menghadirkan sikap angkuh, lupa diri bahkan takabur dan tidak sedikit yang bersikap sombong rohani. Perenungan pagi ini mengajarkan hal yang berbeda, pertama jangan sombong, jangan angkuh dan tinggi hati karena Tuhan tidak manghendakinya (Ams.16:18). Kedua orang melakukan kebenaran sekalipun akan berhadapan dengan ketidakmyamanan bisa jadi dalam bentuk sakit penyakit atau hal-hal lain, jangan gagal fokus tetap kerjakan kebaikan  dan kebenaran yang asalnya dari Dia, mintalah Dia yang berperkara mengatasi kesulitan itu.

Pagi ini sebagai pribadi yang lemah, kita mengaku dihadapan-Nya dan mengatakan “ku tak dapat jalan sendiri, Tuhan tolonglah aku…”, kita memerlukan dia dalam geliat karya layan hari ini tetapi kita juga mernbutuhkan sesama untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam hidup hari ini….. jangan tinggi hati, jangan sombong!

GB 277 : 2,3
Doa : (Tolonglah kami ya Tuhan, penuhilah kami dengan kasih-Mu dan jauhkan kami dari keangkuhan dan kesombongan diri)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *