Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 9 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

 

GB.255 : 1 – Berdoa

TUHAN TAHU YANG TERBAIK BAG| UMAT-NYA

Yeremia 29:8-15
“Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu…” (ay.11)

Lingkungan dapat membawa pengaruh positif dan negatif bagi seseorang ketika sedang berproses dalam kehidupan. Besarnya pengaruh itu sangat ditentukan oleh tingkat kedewasaan seseorang. Apakah yang baik Iebih dominan memengaruhinya, sehingga ia menjadi baik atau sebaliknya tidak baik sehingga mempengaruhinya menjadi seorang yang tidak baik. Dalam hal ini, tingkat kedewasaan otak, spiritualitas dan emosinya. Ada orang menjadi bijak karena lingkungannya, tetapi juga ada yang menjadi bodoh, karena lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah manusia dan alam.

Umat Tuhan di Babel bergumul beret dengan situasi dan kondisi hidup mereka. Pembuangan menjadi pembelajaran bagi umat, sejauhmana mereka kuat dan setia menjalani penderitaan di pembuangan. Isi surat Yeremia kepada umat di pembuangan mengajak mereka untuk tetap bijak, karena ada begitu banyak godaan yang memperdaya mereka. Ada orang-orang dengan tujuan tertentu menjanjikan sesuatu yang muluk bagi umat Tuhan. Mereka menyampaikan bahwa umat Tuhan akan segera dibebaskan. Ini adalah jalan keluar yang ditawarkan kepada umat dipembuangan dan seolah-olah jalan keluar yang ditawarkan itu baik bagi mereka. Yeremia mengingatkan umat, “Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di tengah-tengahmu…Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu, demi nama-Ku” (ay.8-9). Banyak yang memberi solusi bagi permasalahan umat, namun hanya memberi kesenangan semu. Liciknya, mereka membawa-bawa nama Tuhan untuk meyakinkan umat bahwa yang mereka sampaikan adalah suatu kebenaran.

Yeremia lewat suratnya menyerukan bahwa hidup umat di pembuangan tetap dalam perlindungan Tuhan. Masa pembuangan harus mereka jalani. Itulah kehendak Tuhan bagi mereka. 70 tahun mereka harus berada di Babel, sesudah itu akan dikembalikan ke Yerusalem. Tuhan yang menentukan kehidupan umat, bukan untuk kebinasaan umat, tetapi untuk kebaikkan mereka. Yang berlangsung dalam kehidupan umat Tuhan adalah rancangan-Nya. Ia mengenal umat-Nya, la tahu apa yang terbaik bagi umat-Nya.

GB.255 : 2
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk mengerti bahwa rancangan-Mu dalam hidup kami adalah yang terbaik)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya