KAMIS, 1 AGUSTUS 2019 – Renungan Malam

33 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 August 2019        


 

MINGGU VII SESUDAH PENTAKOSTA

GB.268 : 1 – Berdoa

BERMEGAHLAH DI DALAM TUHAN

2 Korintus 10 : 17 18
Tetapi barangsiapa bermegah, hendaklah ia bermegah dl dalam Tuhan. (ay.17)

Para pelayan Tuhan adalah orang-orang yang dipanggil dan diutus oleh Tuhan. Tugas para pelayan hanyalah memberitakan Injil tentang Yesus Kristus; perkataan dan tindakan-Nya selama mengaryakan keselamatan bagi dunia dan manusia. Kuasa yang diterima para pelayan adalah dari Tuhan. Seorang pelayan tunduk dan menundukkan seluruh keberadaannya pikiran, perkataan dan tindakannya kepada Tuhan. Tujuan pemberitaan Injil adalah untuk membangun dan menumbuhkan iman jemaat secara personal dan komunal kepada Tuhan Yesus Kristus sehingga Allah dimuliakan melalui Yesus Kristus, dan seluruh jemaat mengalami hidup sejahtera. Kebesaran dan kebanggaan seorang pelayan adalah Tuhannya; bukan dirinya atau kelompoknya. Hasil kerja yang dicapai para pelayan untuk memuji dan memegahkan Tuhannya.

Paulus mengajak jemaat Korintus dan semua orang yang cenderung memuji diri untuk berhenti melakukannya. Hal itu hanya akan membuat kekacauan dalam jemaat. Paulus tidak berusaha memuji dan memegahkan diri atas semua kerja layan yang telah dihasilkan dan dialami oleh jemaat. la menasihati semua orang untuk bermegah di dalam Tuhan. “Barangsiapa bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan” (ay. 17). Artinya, apa pun yang dilakukan, mesti dilakukan di dalam Tuhan. Di dalam Tuhan selalu ada ketertiban, keteraturan dan pembangunan, pertumbuhan dan kesejahteraan. Di luar Tuhan hanya akan ada kekacauan dan kehancuran. Setiap pelayan mesti berusaha agar dirinya dipuji Tuhan; bukan oleh dirinya. Sebab pelayan yang dipuji Tuhan akan tahan uji terhadap segala yang menggodanya untuk memuji diri.

Biarlah kita mengakhiri seluruh kerja layan di hari ini dengan memuji Tuhan dan bermegah di dalam Tuhan Yesus Kristus. Sebab kita tidak akan mampu melakukan sesuatu apa pun di hari ini jika Roh Kudus tidak beserta dan menolong kita.

GB. 268 : 2
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk bermegah di dalam Engkau)

AF/SGRS


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *