KAMIS, 10 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

105 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 January 2019        


 

MINGGU EPIFANIA

GB.43:1 – Berdoa

ALLAH MENYONGSONG MEREKA YANG BENAR

Yesaya 64:1-6
Engkau menyongsong mereka yang melakukan yang benar (ay.5).

Saat musuh menyerang Yerusalem, Tuhan menahan damai sejahtera-Nya. Tuhan tidak turun tangan menolong mereka. Umat kalah dan dipermalukan di depan musuh-musuhnya, karena umat tidak mengandalkan Allah. Padahal sejak semula Allah menetapkan Israel sebagai umat pilihan-Nya. Itu berarti, mereka diperlakukan istimewa bukan karena mereka ini baik tetapi karena Allah punya rencana indah bagi mereka.

Kita semua tahu proses yang terjadi, umat Israel mengeluh tentang perbudakan yang mereka alami. Seruan mereka sampai kepada Allah. Allah mendengar mereka mengerang. Allah mengingat perjanjian-Nya pada Abraham, Ishak dan Yakub. Allah melihat keberadaan umat. Allah prihatin terhadap mereka yang tertindas di Mesir dan Allah memperhatikan mereka (Keluaran 2 : 23-25). Kemudian Allah mengutus Musa memimpin umat-Nya menuju Tanah Perjanjian, dan Allah menginginkan umat-Nya hanya bergantung sepenuhnya pada-Nya.

Dalam pembacaan firman hari ini, kita menemukan mereka sadar akan keberdosaan mereka. Muncul pengakuan: “kami memberontak sejak dahulu kala dan akibatnya mereka menanggung murka Allah atas mereka” (ay. 5b-6). Akhirnya, ada kesadaran mereka harus benar di mata Allah. Artinya melakukan apa yang Allah kehendaki. Kalau umat mengaku dosa, menyesali dosa dan berusaha meninggalkan dosa mereka kemudian hidup dalam pembaharuan maka umat mengalami pemulihan dari Allah (2 Tawarikh 7:14-15). Jadi bereskan hubungan kita dengan Tuhan. Lakukan segala yang benar di mata Tuhan serta rasakan berkat kasih-Nya dan nikmati keindahan hidup bersama-Nya.

GB.43 5
Doa : (Tolong kami agar dalam perkenanan-Mu kami melakukan yang benar)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *