KAMIS, 6 JUNI 2019 – Renungan Malam

46 Kali dibaca, Diterbitkan: 6 June 2019        


 

MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS

KJ. 453: 1,2 – Berdoa

BERSAUDARA DALAM TUHAN

Roma 12:9-21
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahui dalam memberi hormat. (ay.10).

Gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah keniscayaan. Kita bersyukur bahwa nilai-nilai luhur untuk saling membantu saudara yang dalam kesusahan atau kemalangan begitu mendarah daging dalam sem ua warga bangsa. Ketika banjir datang menerjang sebuah desa atau kota, dengan mudah seluruh elemen masyarakat terlibat dalam upaya meringankan beban sesama.

Kasih yang dianugerahkan Tuhan Yesus, bukan dinikmati sendiri. Kasih Yesus semestinya dilakukan otentik sebagaimana Tuhan Yesus mengasihi semua orang dari berbagai kepercayaan dan latar belakang. Kasih yang otentik tidak boleh dibatasi hanya buat kalangan sendiri. Kasih juga tidak boleh disamarkan dengan tujuan jahat. Jangan berbuat jahat dengan memakai topeng kasih. Atau sebaliknya, menyalahgunakan kasih orang lain demi kepentingan diri sendiri. Memanipulasi kebaikan orang lain agar memperoleh keuntungan pribadi. Selalu berusaha menjadi berkat bagi banyak orang yang ada di sekitar hidup kita.

Berbuat baik hanya kepada mereka yang satu kepercayaan, hanya menciptakan konflik sosial. Saudara kita yang kurang beruntung, hendaknya memperoleh perhatian dan pelayanan dari gereja Tuhan baik lewat bantuan sembako, pengobatan gratis, beasiswa pendidikan atau rehabilitasi bagi korban bencana alam. Sebagai warga gereja kita tidak boleh berdiam diri. Kita perlu bekerja sama dengan berbagai pihak mem bagikan berkat Tuhan.

Tindakan kebaikan yang dialami banyak orang, justru membawa sukacita bagi sesama. Mereka dapat menceritakan bahwa hidup mereka diberkati Tuhan. Kasih Tuhan bukan sesuatu yang abstrak. Kasih Tuhan bukan cerita ribuan tahun lam pau. Kasih Tuhan nyata saat kita membuka tangan membantu dan turut menangis di tengah duka saudara kita akibat bencana alam yang merengut orang-orang yang mereka cintai.

PKJ.453:3,4
Doa : (Mampukan kami peduli kepada saudara kami yang mengalami musibah dan menolong mereka agar mereka alami kasih Tuhan yang besar)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *