KAMIS, 9 MEI 2019 – Renungan Pagi

67 Kali dibaca, Diterbitkan: 9 May 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB.245 : 1 – Berdoa

JANGAN RAGU BERSAKSI TENTANG BERKAT TUHAN

1 Raja-Raja 5:1-6
Tetapi sekarang, TUHAN, Allahku, telah mengaruniakan keamanan kepadaku di mana-mana, tidak ada lagi lawan dan tidak ada lagi malapetaka menimpa (ay.4)

Hikmat Tuhan memampukan Salomo tidak hanya mahir dalam mengelola pemerintahan, mendistribusikan kesejahteraan, menegakkan keadilan, tetapi juga menjalin persahabatan dengan mereka yang memiliki sumber daya alam. Salomo dengan terbuka menceritakan situasi yang dihadapi ayahnya, raja Daud. Musuh-musuh raja Daud akhirnya mengalami kekalahan mutlak. Mereka takluk kepada raja Daud. Dalam kondisi aman dan stabilitas ekonomi yang baik, maka tiba waktu merealisasikan pembangunan bait Allah di Yerusalem.

Salomo menghormati persahabatan raja Daud dengan Hiram, raja Tirus dengan menjalin komunikasi yang tulus. Salomo menyampaikan pesan berharga tentang rencana membangun rumah Tuhan. Tidak hanya itu, Salomo membutuhkan bantuan Hiram menyediakan kayu dari pohon aras dan sanobar yang kualitasnya tahan lama dan berbau harum. Salomo mengerti benar bahwa dia tidak dapat bekerja membangun bait Allah hanya dengan bahan bangunan yang terbatas. Salomo membutuhkan bahan bangunan yang terbaik dari berbagai tempat. Dalam pesannya, Salomo menyaksikan campur tangan Tuhan yang menyebabkan situasi aman dan tidak adanya malapetaka. Sebuah pengakuan jujur dan mengagumkan dari seorang raja yang berhikmat. Semua bukan karena hebatnya Salomo, tetapi semua karena kasih Tuhan.

Hikmat Salomo menolong kita untuk tidak ragu bersaksi tentang kuasa Tuhan Yesus atas banyak keberhasilan dalam hidup. Ketika kita ragu dan mengecilkan berkat Tuhan, maka semakin jauh kita mengerti siapa sebenarnya Allah yang kita sembah. Salomo berani bersaksi dan mau berkorban membangun bait Allah. Salomo memikirkan yang terbaik bagi kemuliaan Allah. Hal semacam ini perlu diteladani sehingga kita mampu menjadi pembawa damai dan pelayan Tuhan yang memberkati banyak orang.

GB.245: 2
Doa : (Bimbing kami bersyukur atas semua berkat-Mu dan mau berkorban dengan mendukung pelayanan gereja untuk kemuliaan Tuhan Yesus).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *