KAMlS,18 OKTOBER 2018 – Renungan Pagi

37 Kali dibaca, Diterbitkan: 18 October 2018        


 

KJ.432 : 1 – Berdoa

SUKACITA PELAYANAN KASIH

2 Korintus 8: 16 – 19
… Ia juga telah ditunjuk oleh jemaat-jemaat untuk menemani kami dalam pelayanan kasih ini, yang kami lakukan untuk kemuliaan Tuhan dan sebagai bukti kerelaan kami. (ay.19b)

Uang konon lebih sakti daripada persahabatan dan persaudaraan. Banyak orang yang lebih mementingkan uang dari persehabatan dan persaudaraan. Saudara dekat bisa baku sikat karena uang. Sahabat sejati bisa makan hati karena hutang yang tidak dibayar-bayar. Apalagi, banyak orang mengeluhkan, yang berhutang kadang jauh lebih galak dibanding yang nagih hutang. Uang tidak salah, namun manusia sebagai pengguna uang seringkali uang jadi sumber masalah.

Paulus menyadari betul keadaan ini. Dalam upaya untuk mengumpulkan bantuan bagi jemaat di Yerusalem, Paulus menerima banyak bantuan. Namun, Paulus tidak mengelolanya sendiri. Ada Titus dan seorang pelayan lain (tidak disebutkan namanya) dilibatkan dalam pelayanan kasih ini (ay. 18-19). Dari Paulus kita belajar betapa pentingnya fungsi kontrol dalam pelayanan. Namun, fungsi kontrol ini haruslah berlandaskan kasih. Jangan karena kita jadi Bendahara PHMJ mendadak jadi galak bukan main! Atau setelah diangkat jadi anggota BPPJ mendadak jadi judes kalau sudah bicara tentang uang! Tetaplah berhikmat dalam melakukan fungsi kontrol. Libatkanlah Tuhan karena uang itu milik Tuhan, bukan milik perorangan. Dengan hikmat Tuhan, Ia dapat memakai kita untuk menjadi saluran berkat dengan tanggung jawab besar yang kita emban. Di sisi lain, sebagai anggota warga jemaat, kita juga perlu terus menopang para pengelola keuangan jemaat. Kiranya mereka tetap diberkati dan diberi sukacita kasih seat mengelolanya.

Dengan demikian, uang yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk memuliakan Tuhan. Jadi, jika sekarang kita sedang makan hati karena ada penyelewengan dana yang terjadi dalam jemaat, doakanlah para pengelola keuangan dalam doa harian atau dalam doa syafaat di setiap ibadah yang dilaksanakan. Semoga jemaat kita tidak hancur melainkan semakin makmur karena uang yang Tuhan berikan benar-benar menjadi berkat untuk pelayanan di tengah jemaat. Semoga jemaat kita tidak baku pukul karena uang tapi justru semakin erat merangkul karena dalam kebersamaan, berkat Tuhan pasti semakin melimpah. Semoga ….. ..

KJ.432 : 2
Doa : (Ya Tuhan, berkatilah pelayanan kami agar selalu dilingkupi oleh cinta kasih yang sejati)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *