Minggu 09 Agustus 2020 – Renungan Pagi

15 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 August 2020        


MINGGU X SES. PENTAKOSTA


KJ. 60 : 1, 3 – Berdoa

Keragaman Adalah Anugerah Ilahi

Efesus 3 : 1 – 13

Saudaraku, ketika Allah menciptakan segala sesuatunya, termasuk manusia, IA juga menghadirkan keragaman dengan maksud agar terjadi keseimbangan di dalamnya. Maksudnya adalah dalam kehidupan sebagai mahluk ciptaan, Allah berkeinginan bahwa dalam perbedaan-perbedaan yang terjadi, seperti karakter, kebiasaan, warna kulit, keyakinan dan Iain sebagainya, haruslah saling melengkapi. ltu berarti keragaman merupakan anugerah Ilahi, seperti yang disampaikan oleh Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus. Karena itu, walau ia sedang berada di dalam penjara, namun semangat untuk mengajarkan tentang nilai-nilai persatuan sebagai umat milik Tuhan, tetap dijaga dan dipertahankan. Paulus ingin menyampaikan, bahwa ragam hikmat tersebut diberikan kepada setiap orang termasuk pemerintah, agar kedamaian dan kesejahteraan bersama dapat terwujud. Artinya, pemerintah diberi mandat melalui hikmat llahi yang diberikan, supaya kedamaian dan kesejahteraan menjadi milik setiap orang dan hal tersebut menjadi tanggung jawabnya.

Demikian tentunya harapan kita terhadap bangsa Indonesia, agar kedamaian dan ketentraman dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, melalui pemerintah yang diberi hikmat llahi. Begitu juga yang kita harapkan sebagai rakyat Indonesia, agar hikmat llahi sungguh-sungguh memberi semangat untuk saling mengasihi, walau masih sering diperhadapkan oleh perbedaan suku, bahasa dan keyakinan, khususnya dalam berinteraksi secara langsung maupun di tengah era digital. Memang perbedaan akan selalu terjadi dalam kehidupan bersama, tetapi bagi Rasul Paulus bahwa melalui hikmat dan kasih dari Tuhan Yesus, maka persatuan dan ketentraman pasti akan terwujud di bumi pertiwi ini.


KJ. 60 : 4, 7
Doa : (Ya Tuhan, mohon berilah hikmat-Mu agar kami dapat memahami keragaman sebagai anugerah ilahi yang patut disyukuri)


Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *