MINGGU, 23 JUNI 2019 – Renungan Malam

55 Kali dibaca, Diterbitkan: 23 June 2019        


 

HARI MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

GB.68:1 – Berdoa

KEJARLAH KEADILAN (BAGIAN 1)

Ulangan 16:20
“…keadilan, itulah yang harus kau kejar, supaya engkau hidup…” (ay.20)

Siapapun ingin diperlakukan adil oleh orang lain. Mendapatkan keadilan didambakan oleh semua orang, bukan? Itulah sebabnya keadilan adalah sesuatu yang dikejar oleh banyak orang. Namun mengejar keadilan bukan hanya secara pasif yakni “supaya aku memperoleh keadilan dalam hidup”, tetapi juga harus bersifat aktif yakni: “aku harus berbuat adil bagi orang lain dan atau mengupaya keadilan itu terjadi di sekelilingku.

Poin penting inilah yang dimaksudkan oleh Musa ketika mengulang kembali perintah Tuhan sebelum Israel memasuki negeri Kanaan yang dijanjikan itu. Umat Israel diminta untuk menjadikan keadilan sebagai hal utama mewarnai kehidupan mereka dinegeri yang dijanjikan itu. Perintah “semata-mata keadilan, itulah yang harus kau kejar”, memberikan pengertian penting bagi mereka. Bahwa TUHAN Allah Israel menghendaki mereka untuk tidak mengejar kepentingan diri sendiri, menghalalkan segala cara, mengorbankan orang lain supaya tujuan hidup tercapai. Justru sebaliknya, orang lain harus mengalami keadilan karena mereka. Merekalah yang menciptakan dan menghadirkan keadilan bagi orang lain. Pentingnya keadilan untuk ditegakkan itu, terlihat dari jaminan bahwa jika mereka melakukan itu maka mereka akan hidup dan memiliki negeri yang dijanjikan itu. Israel tidak akan bisa menikmati negeri yang dijanjikan jika mereka tidak menegakkan keadilan. Karena dengan keadilan setiap orang memperoleh haknya secara merata, dengan keadilan tiap insan menikmati hidup secara merata, dengan keadilan setiap orang dapat mengecap damai sejahtera. Tidak ada lagi yang mengorbankan orang lain, dan atau merendahkan pihak lain demi kepentingan diri sendiri. Kondisi inipun dapat kita nikmati di negeri tercinta Indonesia.

Jika keadilan menjadi warna penting bangsa ini, jika keadilan adalah hal utama yang dicari bangsa ini, maka Indonesia tentulah diberkati. Mari memulainya dan diri sendiri, dalam keluarga kita. Supaya keadilan semata yang kita kejar.

GB.68:2
Doa : (Tuhan, biarlah keadilan-Mu datang bergulung-gulung bagi kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *