Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

MlNGGU, 2 DESEMBER 2018 – Renungan Pagi

 

HARI MINGGU ADVEN I

KJ 424: 1 YESUS MENGINGINKAN DAKU – Berdoa

IDENTlTAS $ANG PENGHARAP

Mazmur 90:1-12
Engkau mengembalikan manusia kepada clebu… (ay.3)

Mengenal diri sendiri punya manfaat yang besar sebab didalamnya seseorang akan menemukan nilai yang memengaruhi sikapnya. Dalam pengenalan diri tersebut kita akan menemukan bahwa seluruh pencapaian kita sampai sekarang tidak terlepas dari keterlibatan Tuhan. Musa memberi gambaran yang utuh tentang keberadaan manusia yang perlu memahami dirinya sendiri.

Perjalanan hidup manusia memang selalu bertemu dengan berbagai peristiwa yang menentukan nilal kehadirannya. Artinya ketika kita bertemu dengan banyak peristiwa dan bagaimana sikap kita terhadap peristiwa merupakan akumulasi dari pemahaman kita tentang diri sendiri. Seluruh gagasan tentang kebalkan Allah bermula dari berapa nilai yang ditempatkan dalam hubungan dengan Allah. Maka nats saat ini memberi pemahaman yang penting bahwa sebagai umat Allah kita tidak dapat mengabaikan pentingnya identitas. Kita adalah debu dan dalam debu kita rapuh dan rentan terhadap berbagai perubahan. Tahun berubah, manusia juga berubah dan tidak ada yang dapat menghentikan perubahan.

Kekuatan besar ada di setiap perubahan dan ketika kita memahami nilai diri kita yang tinggi dalam hubugan dengan Allah maka kita tidak kehilangan identitas kita sebagai identitas sang pengharap. Kita semua memiliki kesamaan di hadapan Allah yang berkarya dalam setiap perubahan. Kesamaan itu adalah bahwa kita punya identitas sebagai sang pengharap dengan kesadaran bahwa kita semua berasal dari debu. Kekuasaan Allah demikian besar dalam memberi identitas kepada kita dan itulah yang menunjukkan bahwa kita bernilai.

Kita perlu memiliki pengharapan tetapi pengharapan itu perlu memiliki pondasi yang kokoh yakni keyakinan bahwa kita berasal dari debu dan karena itu memerlukan Tuhan.

KJ.424:4
Doa : (Tuhan, Engkaulah sebagai tuntunan dalam hidupku, ajar aku untuk dapat memahami maksud-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya