RABU, 17 JULl 2019 – Renungan Pagi

35 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 July 2019        


 

MINGGU IV SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.23:1 – Berdoa

BERTOBATLAH

Yeremia 23:1-8
Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku. (ay- 8)

Pasal 33 ini masuk dalam bagian penjelasan tentang pembaharuan yang Allah lakukan atas Yehuda dan Yerusalem. Yeremia hidup pada masa kekelaman dan kehancuran Yehuda. Yehuda berada diantara Mesir dan Siria. Bukannya mencari perlindungan pada Tuhan, sebaliknya Yehuda mencari perlindungan pada Mesir dan Siria. Raja Amon dan Manasye mengijinkan terjadinya pemurtadan.

Suara kenabian Yeremia adalah panggilan agar umat bertobat. Sayangnya raja-raja, imam, nabi palsu dan masyarakat tidak mau berbalik kepada Allah dengan bertobat. Panggilan Yeremia juga adalah panggilan bagi gereja untuk mengajak umat manusia berpaling kembali pada Allah. Kita memerlukan suara kenabian dan cara hidup Yeremia hari ini. Bahwa semua kemalangan dan kehancuran sebuah bangsa disebabkan sikap umat yang melupakan Tuhan dalam hidupnya. Bagaimana hubungan kita dengan Allah menentukan jatuh dan bangunnya kita sebagai pribadi, persekutuan dan bangsa. Yeremia mengajarkan pada kita bahwa hukuman Allah terjadi ketika umat memutuskan hubungan perjanjiannya dengan Tuhan. Hukuman pasti terjadi, kecuali umat bertobat. Pelajaran penting lainnya adalah dosa membawa kehancuran. Pelanggaran umat sebagai sebuah bangsa adalah awal kehancurannya. Yang kedua, dosa melukai hati Tuhan. Ketiga, kemenangan hanya dapat diperoleh bersama Tuhan. Ia akan membentuk ulang bejana hidup kita dengan tangan-Nya.

Dalam murka-Nva, Ia mendidik umat hingqa mereka luluh lantak, tetapi oleh kasih-Nya Ia menggenggam dan memulihkan Israel seturut kehendak-Nya. Hal ini hanya akan terjadi jika ada pertobatan. Kita terpanggil untuk menyuarakan kebenaran Allah ditengah keluarga, gereja dan masyarakat. Kembali bangun hidup bersama
Allah, agar kita tidak binasa.

KJ. 23:2
Doa : (Ya Allah Bapa buatlah kami berbalik dan mengikuti perintah-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *