Rabu 18 November 2020 – Renungan Pagi

8 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 November 2020        


MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

GB. 105 : 1 – Berdoa

Imamat 9 : 1 – 11

Menjalankan Tugas Dengan Baik

Saudaraku, tidak semua orang bersedia menjalankan tugas sesuai peran yang melekat dalam diri mereka. Rasa malas, dan tidak suka terhadap pimpinan, seringkali menjadi alasan untuk enggan menjalankan tugas dengan baik. Akibatnya diri sendiri dan banyak orang menjadi dirugikan karena yang demikian. Kekacauan dan ketidak-harmonisan pun dapat timbul karena sifat dan sikap yang salah tersebut.

Saudaraku, kita harus tetap menjalankan tugas dengan baik meskipun banyak hal yang menghambat kita. Dalam hal ini, kita harus meneladani Musa dan Harun. Musa adalah pemimpin bangsa Israel dalam menuju Tanah Perjanjian. Harun adalah orang Lewi yang bertugas mengelola Kemah Pertemuan. Mereka harus menghadapi sifat bangsa Israel yang tegar tengkuk. Meski demikian, mereka tetap berusaha melaksanakan tugasnya sesuai dengan kehendak Tuhan. Dalam pembacaan hari ini dijelaskan bahwa Musa dan Harun tidak memberontak kepada Tuhan atas tugas yang mereka terima. Mereka melakukannya dengan tulus ikhlas hanya demi kemuliaan nama Tuhan dan tentunya demi kehidupan bersama.

Saudaraku, tugas yang ada harus kita laksanakan dengan baik. Dengan menunaikan tanggung jawab tersebut, kita juga sedang melaksanakan perintah dari Tuhan, karena Dia yang memberikan semua tugas itu. Dalam menjalankan tugas, tentu banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun demikian, kita harus berusaha untuk tetap setia dalam melakukan tugas. Tanggalkan ego dalam diri dan kerjakan tugas dengan penuh keikhlasan dan ketulusan. Mari, pada hari ini kita berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan baik, agar nama Tuhan dimuliakan melalui hasil kerja yang dibuat.

GB. 107 : 1
Doa : (Ya Tuhan, tolong kami berusaha untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik mungkin demi kemulian nama-Mu)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *