RABU, 19 DESEMBER 2018 – Renungan Pagi

52 Kali dibaca, Diterbitkan: 19 December 2018        


 

MINGGU ADVEN III

KJ.282:1,4 – Berdoa

ALLAH TAK KAN MEMBIARKAN UMAT-NYA JATUH TERGELETAK

Yesaya 35 :1-4
Katakanlah kepada orang-urang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datzmg menyelamatl-ran kamu”. (ay.4).

Jikalau pohon tidak mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup maka lambat laun akan menjadi layu dan kering. Gambaran ini sama dengan kehidupan bangsa Israel ditengah pembuangan, mereka hidup dalam kesusahan karena pemberontakan mereka terhadap Allah. Hukuman yang Allah berikan memang tidaklah mudah, Karena dosa Israel sangat menyakitkan hati Allah. Dosa berakibat fatal bagi kehidupan bangsa Israel. Namun dalam amarah-Nya Tuhan tidak menghilangkan kasih-Nya. Karena itu lewat nabi Yesaya ketika pengharapan mereka sudah mulai memudar, Firman Tuhan hadir memberikan kesejukan dalam pengharapan yang membangkitkan semangat dan sukacita. Firman ini sekaligus menandakan bahwa Allah tidak ingin menghancurkan Israel, apa yang Allah tentukan dalam kehidupan bangsa Israel adalah sebagai pembelajaran agar mereka menjadi taat kepada Allah. Dan dalam keadaan tak berdaya, lesu dan kering hanya Allah yang mampu memberikan kekuatan kepada Israel untuk kembali berdiri dan memperbaharui kehidupan.

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan, ketika semangat kita semakin menurun, kejenuhan menumpuk, kepenatan bertambah berat, Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk menundukkan kepala dan memohon kepada Tuhan kekuatan dan semangat yang baru. Ingatlah Tuhan tidak akan membiarkan kita menjadi layu dan pada akhirnya mati tergeletak. Jangan surutkan langkah dan padamkan api pengharapan. Datanglah kepada Tuhan maka Dia akan memberikan kekuatan baru.

Memang Allah tidak akan mengangkat seluruh beban kia seperti pemain sulap yang menghilangkan segala sesuatu, namun Allah tidak mengijinkan orang percaya kalah terhadap pergumulan dan permasalahan hidup mereka. Selamat memulai aktivitas dengan gairah hidup yang selalu dibaharui dalam Tuhan dan raihlah yang terbaik di hari ini bagi kemuliaan Tuhan.

KJ.282:5,6
Doa : (Bapa yang baik, puji syukur untuk kekuatan dan semangat yang Engkau berikan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *