Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 21 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

 

MINGGU XXV SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.32 : 1,2 -Berdoa

PERTOBATAN KOMUNAL

Yoel 2 : 16 – 17
“…kumpulkanlah bangsa ini, kuduskanlah jemaah…” (ay.16)

Dalam perikop ini, Allah meminta pertobatan yang dilakukan dengan cara yaitu : Pertama, seluruh bangsa harus hadir mulai dari anak menyusui hingga orang tua. Semua harus meninggalkan kerjanya bahkan para pengantenpun harus menghadap Allah. Kedua, bangsa ini harus dikuduskan atau tahir. Yang berarti mereka harus kudus ketika menghadap Tuhan. Ketiga, para imam, harus menangis menyampaikan permohonan pengampunan kepada Tuhan.

Pertobatan adalah pergumulan bangsa Israel. Allah bukan hanya meminta kehadiran dari anak yang menyusui sampai pada orang dewasa dengan pengakuan mereka. Allah bukan hanya meminta tangisan para imam dan pelayan Tuhan tetapi juga seluruh jemaah dengan kekudusan mereka. Jelas pertobatan umat bukan sebagai sesuatu yang sekunder atau sampingan, melainkan yang utama dan mendesak sebab semua orang harus meninggalkan aktifitas mereka untuk terlibat bersama dalam pengakuan tobat umat.

Dalam banyak pergumulan khususnya pergumulan dalam persekutuan, pertobatan komunal atau penobatan yang sungguh-sungguh sebagai suatu persekutuan adalah sesuatu yang tidak pernah terjadi. Mengapa? Karena pertobatan sepertinya hanya menjadi tuntutan sepihak. Selalu ada tuntutan penobatan dari para imam atau pelayan yang meminta jemaat bertobat. Demikian pula sebaliknya, jemaat meminta para pelayan yang bertobat.

Pertobatan bangsa Israel dalam perikop ini bahwa Allah meminta bangsa Israel bertobat bersama, suatu pertobatan masal. Pertobatan masal ini penting agar mereka sebagai milik Tuhan, tidak menjadi cela dan sindiran bagi bangsa lain yang tidak mengenal Allah. Mari bertobat bersama agar persekutuan kita tidak menjadi cela dan sindiran bagi orang lain.

KJ.32 : 3,4
Doa : (Jadikan pertobatan kami sebagai persekutuan untuk menghindarkan kami sebagai cela dan sindiran bagi Tuhan)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya