SABTU, 01 DESEMBER 2018 – Renungan Malam

12 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 December 2018        


MINGGU XXVII SESUDAH PENTAKOSTA

GB.61 : 1 “Tuhan Ajarkanlah Kehendak-Mu” – Berdoa

BIASAKAN YANG BAIK DALAM HIDUP

1 Petrus 4:1-6
“Supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah” (ay.2)

Menurut Pete Cohen, seorang psikolog dan physical trainer dari Inggris, tidak ada manusia lahir dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini justru dipelajari saat tumbuh dewasa. Nah, cara paling jitu membuang kebiasaan buruk adalah menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Menurut beberapa penelitian, diperlukan pengulangan 20-30 kali untuk menjadi suatu kebiasaan baru dan baik. Bisa kebayang kan kalau kita punya 10 kebiasaan buruk? Tentu, banyak waktu yang mesti kita habiskan untuk menggantinya dengan kebiasaan baik.

Surat 1 Petrus pasal 4 adalah ajakan untuk berbuat baik di tengah penderitaan. Berbuat baik itulah kita dipanggil sebagai umat-Nya. Alasan Allah memanggil umat-Nya dengan cara ini karena Kristus telah menderita demi kepentingan mereka dan meninggalkan teladan yang harus dilkuti (lih l Pet 2:21). Berbuat baik di tengah penderitaan merefleksikan penderitaan Kristus yang menjadi teladan hidup bagi orang percaya. “Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu” (lih ay 14).

Menumbuhkan kebiasaan baik sejak dini adalah prinsip yang harus selalu kita tanamkan. Walau mungkin ada kalanya kita gagal melakukannya, tapi jangan berhenti dan putus asa. Terus mencoba dan melatih diri untuk melakukannya dengan tetap mengandalkan anugerah Tuhan. Percayalah, kita pasti akan dimampukan untuk terus hidup dalam kebiasaan-kebiasaan yang baik. lngat, menumbuhkan sebuah kebiasaan baik dibutuhkan suatu proses. Kita tidak bisa mengharapkannya semudah kita membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan penyangkalan diri sehingga kita mampu menjadi pelaku Firman dan bukan sebaliknya.

GB. 61:3 “Tuhan Ajarkanlah Kehendak-Mu”

Doa : (Tolong kami dan kuatkan kami ya Bapa, untuk membiasakan hal yang baik dan benar dalam kehidupan ini)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *