SABTU, 11 AGUSTUS 2018 – Renungan Pagi

8 Kali dibaca, Diterbitkan: 11 August 2018        


 

SABTU, 11 AGUSTUS 2018
Renungan Pagi

KJ.230 : 1,2 – Berdoa

JANGAN INGIN MILIK ORANG

Raja-Raja 21 : 17 – 22
….. ., pergilah menemui Ahab, raja Israel yang di Samaria. la telah pergi ke kebun anggur Nabot untuk mengambil kebun itu menjadi miliknya (ay.18)

Tuhan mengutus Elia untuk menemui raja Ahab. Tujuan pengutusan ialah untuk menyampaikan teguran keras Tuhan kepada Ahab. Karena Ahab telah dengan nafsu jahat merampas kebun anggur Nabot orang Yizreel itu. Tindakan Ahab sangat diluar norma-norma sosial masyarakat. Malahan Ahab telah rnelanggar hukum-hukum Tuhan sendiri. la telah diperdaya oleh Izabel seorang ratu. Ahab lalu berpindah agama dengan memeluk berhala-berhala. la telah meninggalkan Tuhan yang dipercaya sejak kecil. Meninggalkan Tuhan dan mencari perlindungan pada berhala-hala yang asing. Pelanggaran yang paling serius yang dilakukan Ahab. Kejam sekali pem balasan Tuhan terhadap orang-orang yang telah merampas hak orang lain dengan cara-cara keji dan penuh tipu muslihat. Waspadalah terhadap orang-orang ini. Mereka munafik mereka melakukan apa saja dengan cara apa saja. Bagaimana  mereka akan mem pertanggungjawabkan tindakan mereka kepada masyarakat lebih-lebih kepada kelaurga dan rumah tangga mereka sendiri. Nabot akan disebut-sebut malah akan dipuji sebagai orang yang berani dan benar.

Kematiannya akan me-mberi harapan baru untuk menjadi saksi dari kehidupan yang benar dan adil. Kiranya kita dapat menjadi orang-orang benar. Kiranya kita dapat mempertahankan kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Kiranya Tuhan membuat semua orang peka terhadap masalah-masalah kehidupan yang sedang diperjuangkan demi menghormati Tuhan dan demi mempercayai Tuhan sebagai sumber hidup ini.

KJ.230 : 3,4
Doa : (Ya Tuhan ajarlah kami senantisa untuk tetap berpaut padaMu sementara kami berhadapan dengan segala kesulitan hidup didunia sekarang ini)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *