SABTU, 15 SEPTEMBER 2018 – Renungan Malam

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 15 September 2018        


 

KJ.161 : 1 – Berdoa

SEGALA KEMULIAAN HANYA BAGI TUHAN

Roma 16 : 25-27
“…bagi Dia, satu-satunya Allah yang penuh hikmat,…” (ay.27)

Surat Roma diakhiri dengan puji-pujian dan merupakan ringkasan Injil yang Paulus beritakan dan kasihi. Injil juga memungkinkan orang Kristen dapat berdiri teguh di tengah kerasnya kehidupan. Injil yang berisi KABAR BAIK tentang kuasa dan kasih Allah dalam Yesus Kristus telah mengalahkan maut dan kematian serta memberi kesempatan hidup baru bagi siapa saja yang percaya kepada-Nya. KABAR BAIK bahwa dipenuhi cinta Allah dalam Trinitas (Bapa-Putra-Roh Kudus) yang menciptakan daya hidup bagi manusia untuk menikmati hidup anugerah Tuhan. KABAR BAIK bahwa Allah Trinitas menjaga manusia dari bayang-bayang kuasa jahat yang masih mau merenggut manusia kembali jadi milik mereka. Ringkasnya, KABAR BAIK tentang kasih karunia Allah bagi manusia dan seluruh ciptaan-Nya.

KABAR BAIK itu menjadi hak dan kewajiban orang Kristen. Hak orang Kristen menerima berita Injil untuk dirinya sendiri, sembari menjadi satu kewajiban untuk menyebarkan Injil itu kepada orang lain. Meneruskan KABAR BAIK itu ke tempat-tempat di mana KABAR BAIK dan damai sejahtera Allah perlu diwartakan, sebagaimana doa Fransiscus dari Asisi:

Ya Tuhan, jadikanlah aku alat damai sejahtera-Mu supaya…
Aku mengasihi, dimana ada kebencian
Memaafkan, dimana ada saling menghina
Mempersatukan, dimana ada pertentangan
Menimbulkan pengharapan, dimana terdapat ketidak-pastian
Menyatakan terang, dimana kegelapan berkuasa
Membawa kegembiraan, dimana kesedihan mencekam…

Itulah tugas Kristen yang diberikan Allah kepada gereja/umat-Nya. Dengan cara demikianlah nama Allah semakin dimuliakan, dan pada akhirnya SEGALA KEMULIAAN HANYA BAGI TUHAN.

KJ.161:2
Doa : (Terima kasih ya Tuhan, kemuliaan-Mu buat hidup kami bermakna dan selamatkan kami dari yang jahat)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *