Sabtu, 2 Juni 2018 – Renungan Malam

83 Kali dibaca, Diterbitkan: 2 June 2018        


Sabtu, 2 Juni 2018
Renungan Malam

KJ: 410: 1 – berdoa

BELAJAR MELAKUKAN PEKERJAAN YANG BAIK

Titus 3: 12 – 14
“Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah” (ay.14)

Kitab Titus ini menekankan ajakan “melakukan pekerjaan yang baik” sebagai hasil dari pertobatan. Apakah melakukan pekerjaan baik itu secara otomatis dapat dilakukan? Jawabannya tidak, butuh peroses belajar.

Pelajaran pertama adalah menyadari kelemahan manusia yang membutuhkan imbalan atas suatu tindakan. Lihatlah betapa besar godaan seorang anak untuk meminta upah ketika disuruh oleh ibunya membelikan sesuatu. Anda telah lulus dan mendidik anak sehingga mereka juga lulus, saya yakin!

Pelajaran kedua adalah tumbuhnya rasa empati, sehingga apa yang kita lakukan membantu orang lain semkain dewasa. Pelajaran ini butuh latihan kepekaan namun seiring berjalannya waktu hasilnya kelihatan. Anak kita semakin tidak lagi menghakimi tetapi memahami tindakan temannya yang berbeda dengannya dan membantunya.

Pelajaran ketiga adalah kematangan iman yang terlihat pada kerendahan hati. Pelajaran ini sedang anda alami, berhati-hatilah sebab orang yang nampaknya sudah mencapai tingkatannya bisa jatuh lagi. Kita tahu bahwa semua tindakan baik kita bisa berjalan karena kita telah diselamatkan, diberi karunia Allah. Kita melanjutkan pekerjaan baik itu untuk kemuliaan Tuham.

Belajar melakukan pekerjaan baik bisa mengalami kegagalan dan jatuh ke titik awal. Apakah anda mau belajar? Jika anda mau belajar, mohon membaca dari awal kembali pergumulan Paulus dan Titus untuk mendampingi jemaat menghadapi berbagai tantangan dan optimis membangun kekristenan. Selamat belajar!

KJ: 410: 4
Doa: (Tuhan, kami terus belajar melakukan pekerjaan baik,. Tuntunlah kami agar ketika ada kegagalan, kami tidak menyerah dan ketika kami jatuh bersedia bangkit lagi karena kasih-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *