Sabtu, 23 Desember 2017 – Renungan Pagi

171 Kali dibaca, Diterbitkan: 19 December 2017        


 

MINGGU ADVEN III
SABTU, 23 DESEMBER 2017

Renungan Pagi

SUASANA KEHIDUPAN BARU

Yesaya 65:17-23
“…Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru…” (ay.17)

Renungan kita tadi malam, Tuhan melakukan perubahan ajaib bagi umat-Nya. Yang rusak diperbaiki, yang pahit diubah menjadi manis, yang lemah dikuatkan. Perubahan itu menimbulkan suasana baru dalam kehidupan umat Tuhan. Dalam bacaan pagi ini Nabi Yesaya menyebutkan suasana yang baru itu yakni:

  1. Tidak lagi ada tangisan dan jeritan kepahitan.
  2. Setiap bayi yang baru lahir hidup sehat dan sempurna (ayat 20a).
  3. Umat hidup dengan umur panjang (ayat 20b).
  4. Hidup aman, tenang di rumah masing-masing (ayat 21a).
  5. Usaha berhasil dan hasilnya dinikmati (ayat 5).
  6. Setiap yang dilakukan tidak sia-sia dan bukan untuk dinikmati orang lain.
  7. Tuhan memberkati sehingga tercipta damai dalam keluarga.

Suasana baru itu membuat umat bersukacita, bersorak-sorai, bersukacita menikmati, damai, berumur panjang, berhasil. Batin yang pernah terluka, diobati Tuhan. Semuanya tidak diingat lagi. Umat kembali menikmati suasana hidup dalam naungan Tuhan.

Saat ini kita sedang berada pada minggu Adven III. Beberapa hari lagi tepatnya tanggal 25 Desember 2017 kita kembali akan merayakan Natal untuk memperingati dan mensyukuri Yesus rela menjadi manusia dan membawa damai bagi kita.

Bagaimana suasana batin kita? Masih diselimuti tangisan, keluhan, sungutan? Ditekan oleh kegagalan? Rasa sedih karena yang kita cintai meninggal? Kecewa karena usaha belum berhasil? Putus asa karena penyakit yang dialami tidak sembuh-sembuh? Tiada damai dalam keluarga karena masing-masing tidak mau mengalah? Kecewa karena tidak dihormati orang lain? Tuhan Yesus telah datang. Ia membawa damai. Ia melepaskan orang yang percaya kepada-Nya dari semua belenggu penderitaan. Suasana kehidupan baru akan kita alami dan nikmati di pesta natal. Buka hatimu.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *