Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SABTU, 29 JUNI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

GB.115 : 1-Berdoa

MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN

Hakim-Hakim 11 : 1 – 11
Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya itu kehadapan TUHAN, di Mizpa (ay.11)

Tidak ada seorangpun mau diperlakukan tidak adil, ditimpakan kejahatan. Lebih daripada itu sangat jarang jika menemukan seseorang yang kemudian bersedia melakukan kebaikan kepada mereka yang telah mencelakakannya. Sangat sedikit orang seperti itu. Salah satu di antaranya kita menemukan tokoh Yefta yang kemudian di kenal sebagai pemimpin di Gilead dan dikategorikan sebagai hakim.

Ayah Yefta bernama Gilead. Ibunya adalah seorang perempuan sundal. Ketika saudara-saudara lelaki Yefta (dari istri Gilead) lahir dan menjadi dewasa, mereka mengucilkan Yefta karena status kelahirannya sebagai anak haram (ay.2). Yefta mendapatkan perlakuan yang tidak adil, kejahatan dirancangkan mereka untuknya.
Tidak heran kemudian ia melarikan diri di tanah Tob dan bergabung dengan para perampok (ay.3). Kisah Yefta tidak berakhir di sini, ia kemudian justru diminta untuk pulang. Suku bangsanya memerlukannya. Keperkasaannya dibutuhkan mereka untuk menjadi pemimpin ketika melawan suku Amon (ay.4-8).

Moment seperti ini adalah kesempatan bagus bagi Yefta untuk membalas kejahatan mereka. Ia bisa saja menolak dan mengabaikan permintaan mereka meminta tolong. Ia bahkan bisa menolak iming-iming mereka untuk menjadikan ia sebagai pemimpin. Tetapi tidak demikian yang dilakukan Yefta. Ia bersedia datang dan membantu. Apakah Yefta melakukan dengan tulus? Jawabanya YA. Hal ini terbukti pada ayat 11 ketika ia melibatkan Tuhan pada kondisi dan perkara yang sedang ia alami saat itu.

Tidak mudah memang membalas kejahatan dengan kebaikan. Sakit yang dialami oleh perlakuan tidak adil oleh orang lain, menuntut jeritan hati untuk membalas keburukan mereka. Namun, kita dipanggil untuk menjadi berkat. Ya, pembalasan adalah hak Tuhan (Rm.12:19). Tugas kita adalah tetap mengerjakan kebaikan, tetaplah menabur cinta, apapun yang kita alami.

GB.115: 2
Doa : (Tuhan, mampukan kami mengerjakan kebenaran-Mu).


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya