Kamis 30 Juli 2020 – Renungan Pagi

36 Kali dibaca, Diterbitkan: 29 July 2020        


Minggu VIII Sesudah Pentakosta

♪ KJ. 363 : 1 – Berdoa

Hidup Seturut Petunjuknya

Yosua 22 : 1 – 8

Yosua memanggil suku Ruben, Gad dan suku Manasye. Mereka adalah tentara yang terlatih. Tanah pusaka dan keluarga mereka yang berada di sebelah timu Sungai Yordan sudah menunggu kepulangan mereka. Sebelum mereka pulang, Yosua kembali memperingatkan supaya mereka hidup seturut dengan petunjuk Firman Tuhan.

Yosua memperhatikan kehidupan suku-suku itu, yaitu mereka sungguh-sungguh berpegang pada perintah dan ketetapan dari Tuhan, baik yang disampaikan-Nya melalui Musa, maupun kepada Yosua. Dampak dari kepercayaan, ketaatan dan kesetiaan mereka pada Tuhan adalah mereka memperoleh keamanan, bahkan saudara-saudaranya yang lain pun turut merasakannya. Mereka memperoleh banyak jarahan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka selepas berjuang dari pertempuran yang hebat. Sungguh suatu perjuangan yang menghasilkan kemenangan dan membawa yang percaya. Oleh sekelompok orang yang percaya pada Tuhan dan rela bertempur hebat gunameraih masa depan maka seluruh bangsa dapat menikmati hasil yang memuaskan.

Yosua juga meningatkan bahwa hasil kemenangan yang sudah diperoleh harus dibagikan kepada saudara-saudara lainnya sebab keberhasilan mereka juga didukung oleh doa dari sesama, adakah itu keluarga ataupun kerabat dan sahabat (ayat 8).

Bagian Firman Tuhan ini mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan, yakni mengikuti pentunjuk-Nya, berpaut pada-Nya, setia memelihara perintah-Nya dan mengasihi-Nya dengan segenap hati serta jiwa. Sikap hidup beriman seperti itu akan menjadikan diri kita pembawa berkat yaitu keselamatan yang dari Tuhan bagi lingkungan sekitar dimana kita berada. Mungkin, apa yang kita lakukan tidak banyak namun jika dilakukan dalam ketaatan kepada Allah maka perbuatan kita dapat menjadi berkat bagi orang banyak. Amin.

♪ KJ. 363 : 2

Doa : (Ya Tuhan, materaikanlah hati kami agar kami selalu mengikuti petunjuk-Mu dan memperoleh sukacita di dalamnya. Amin)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *