SELASA, 1 JANUARl 2019 – Renungan Pagi

17 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 January 2019        


 

TAHUN BARU

GB 60:1 – Berdoa

RESOLUSI TAHUN INI

Yesaya 40:6-8
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya. (ay.8).

Setiap pergantian tahun ada orang yang menetapkan resolusi dalam hidupnya. Resolusl itu bisa dalam kategori hal yang sederhana hingga yang lebih sulit. Ia bisa berupa perubahan gaya hidup serta sikap dan perilaku, mengganti pekerjaan, mencari pasangan hidup, sampai hal-hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Namun, semua yang ditetapkan di awal tahun itu belum tentu terjadi seperti yang diharapkan. Ia bisa berubah, tidak konsisten, dan malah semakin merosot ketika menghadapi persoalan.

Di dunia ini segala bentuk ketetapan manusia tidak akan berlangsung selamanya, ia dapat berubah seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dikarenakan manusia sendiri hakikatnya seperti rumput yang akan kering, bunga di padang yang suatu saat akan layu (ay.6-8). Namun, tidak demikian firman Allah. Sepanjang waktu firrnan Allah itu tetap untuk selama-lamanya (ay.8).

Memasuki tahun yang baru ini, dengan segala misteri dan ketidak-pastian di hari esok, resolusi hidup untuk semakin dekat dengan firman Allah yang kekal itu adalah keharusan bagi umat-Nya. Ada pedoman dan dasar yang kokoh bagi kita dalam menjalani hari-hari depan ketika dekat dengan firman Allah. Rasa enggan, malas dan mungkin hambar dalam mendengar dan menjalankan firman-Nya di tahun yang lalu sudah patut ditinggalkan.

Kita harus sadari selalu bahwa dalam mencintai Allah yang tak tampak dan tersentuh secara inderawi itu, hal pertama dan terutama yang harus kita lakukan adalah dengan selalu mendengarkan firman-Nya. Firman Allah yang konsisten sepanjang zaman memberi pengharapan akan hari esok. Ia menjadi kekuatan dan kesukacitaan dalam kepahitan, terang dalam kegelapan hidup, membuka jalan ketika tak terlihat jalan. Sediakah saudara untuk menjadikan nya sebagai resolusi di tahun ini?

GB.60 : 2
Doa : (Ya Allah, Yang Rahmani, berilah hikmat-Mu dan mampukan kami untuk tetap setia ketika menghadapi segala pergumulan dan tantangan hidup sepanjang tahun ini dalam terang Firman-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *