SELASA, 11 JUNI 2019 – Renungan Pagi

40 Kali dibaca, Diterbitkan: 11 June 2019        


 

MINGGU PENTAKOSTA

GB.369:1,2 – Berdoa

BEKERJA MENURUT PERINTAH TUHAN

Keluaran 36:1-3
Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai Tuhan keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan Tuhan (ay.1)

Semboyan pemerintah dan kabinet di bawah kepemimpinan presiden Jokowi adalah ‘Kerja, kerja, kerja.‘ Presiden Jokowi sadar betul bahwa dirinya sebagai presiden, maupun para anggota menteri yang ditunjuknya adalah orang-orang yang dipilih Tuhan melalui rakyat untuk bekerja demi kesejahteraan dan ketenteraman seluruh rakyat. Oleh karena itu, mereka tidak boleh duduk berpangku tangan dan hanya memerintah, tetapi mesti bekerja keras sekuat tenaga untuk memperbaiki apa yang buruk dan membangun apa yang belum ada demi kepentingan rakyat. Kita berharap dan berdoa agar semboyan dan semangat ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan sehingga nilai Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia menuju masyarakat adil dan makmur segera terwujud.

Bacaan kita menjelaskan bahwa Bezaleel dan Aholiab telah ditunjuk Tuhan untuk membangun tempat kudus. Mereka juga diperlengkapi dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan dalam segala macam pekerjaan (35:30-35), agar mereka tahu bekerja menurut perintah Tuhan. Bersama para ahli lain yang dikaruniakan Tuhan keahlian, mereka bekerja bersama mendirikan tempat kudus sesuai yang diperintahkan Tuhan. Pekerjaan mereka pun ditopang dengan anggaran yang terus dipersembahkan orang Israel.

Membangun tempat kudus, dalam arti kehidupan pribadi, keluarga, persekutuan jemaat, gereja, masyarakat, negara dan bangsa Indonesia, sebagai tempat Tuhan hadir dan berkarya, bukan perkara mudah. Oleh karena itu, mari serahkan diri kita ditunjuk dan diperlengkapi oleh Tuhan dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, agar kita tahu mengerjakan segala pekerjaan membangun kehidupan pribadi, keluarga, gereja, masyarakat, negara dan bangsa seturut perintah Tuhan, dan bukan menurut perintah atau pesanan orang.

GB.369 : 2,3
Doa : (Tuhan, ingatkan kami untuk bekerja sesuai yang Engkau perintahkan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *